7 Tips Cara Investasi Emas Untuk Pemula Dijamin Untung

Cara Invetasi Emas Untuk Pemula ,- Dari dulu emas/logam mulia sudah menjadi sangat populer untuk di jadikan perhiasan, namun ternyata emas juga menjadi salah satu pilihan investasi yang dianggap paling aman dibandingkan objek investasi lainnya. karena dalam Investasi emas investor hanya memiliki risiko kerugian yang sangat rendah dan bahkan tidak bisa rugi kecuali aset"yang disimpan telah di ambil pencuri.


Emas menjadi salah satu objek investasi paling di minati masyarakat karena nilai emas cenderung stabil dalam jangka waktu yang sangat panjang, dan emas memiliki likuiditas tinggi sehingga dapat dijual dengan cepat, investasi emas bisa di gunakan untuk menjamin agar masa depan Anda menjadi lebih baik.


7 Tips Cara Investasi Emas Untuk Pemula Dijamin Untung



7 Tips investasi emas untuk kalian para pemula


1.Tentukan tujuan dan perencanaan.

tentu saja menentukan tujuan dan perencanaan itu adalah hal yang paling utama untuk kalian lakukan karena dengan adanya tujuan dan perencanaan nantinya kalian akan bisa menggunakan emas kalian dengan baik. Misalnya berinvestasi emas untuk bekal di masa tua, penikahan yang 10 tahun lagi akan di laksanakan dan yang lainnya.

Dengan memiliki tujuan yang jelas maka anda bisa melakukan perencanaan dan mengumpulkan berapa banyak emas yang akan di gunakan nantinya.


2. Perhatikan kemampuan finansial

Ingin berinvestasi tentu saja menggunakan dana yang banyak. Jika setiap bulan anda memiliki surplus, maka sisa/kelebihan dana dapat dialokasikan ke dalam investasi agar berkembang dan bisa Anda gunakan di masa depan.

Jangan sampai anda mempertaruhkan semua penghasilan bahkan anda sampai memiliki hutang untuk mendapat keuntungan dalam investasi.Tapi anda harus memiliki cadangan dana yang bisa menutupi kebutuhan anda selama beberapa bulan mendatang sebelum emas yang anda investasikan memiliki harga yang lebih tinggi dari modal anda.


3. Perhatikan timer investasi emas yang paling tepat

Saat anda sudah memiliki keinginan untuk melakukan investasi emas, Anda harus sering-sering memantau harga emas yang ada di pasaran. Selain itu, Anda juga harus mempelajari tren pergerakan harga emas.

Hal itu sangat penting untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas agar anda bisa mendapat keuntungan yang optimal. Waktu terbaik untuk memebeli emas pada saat harga emas tersebut telah menurun dan waktu yang tepat untuk menjualnya pada saat harga emas naik, dan sebaiknya anda menyimpan emas anda tidak lebih dari 7 tahun untuk mendapat hasil yang optimal 


4. Pilih jenis emas yang bagus

Bagi pemula disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia/emas batangan. Investasi logam mulia lebih menguntungkan dan lebih cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dibandingkan investasi emas berbentuk bentuk perhiasan. karena logam mulia memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan karena emas perhiasan banyak di pengaruhi komponen biaya diantaranya biaya pembuatan, nilai seni, jumlah karat,model, dan penurunan harga.


5. Belilah emas di tempat yang terpercaya

Sekarang kita harus mengetahui tempat pembelian emas yang terpercaya. Ada beberapa toko emas yang menjuat emas berbentuk batangan untuk berinvestasi. Anda harus membeli emas di toko yang terpercaya dan resmi, berciri khas menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikat, karena ada banyak penjual emas yang tidak menyertakan serat-surat dan sertifikat yang resmi dan hanya berbentuk batangan saja, Anda bisa membeli logam mulia tersebut di Pegadaian,Gedung Pusat Antam,Cabang Antam,Website Logam Mulia,Bank Syariah dan Toko Emas.


6. Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Sekarang Anda harus memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, anda tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. Karena banyak sekali situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas di setiap harinya. dan ada juga beberapa aplikasi di ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Meski emas dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil kadang emas juga mengalami penurunan harga. walaupun itu jarang terjadi, tidak ada salahnya untuk membeli saat harganya turun. dan seketika saat harga emas melonjak tinggi anda memiliki kesempatan untuk menjualnya kembali.


7. Simpanlah emas di tempat yang aman

Tips yang terakhir simpanlah emas di tempat yang aman supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan seperti hilang atau dengan mudahnya di ambil oleh maling, dan tempat yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box yang tekunci dengan kode dan hanya anda bersama orang terpercaya saja yang mengetahuinya. 

Jika anda merasa kurang aman Anda bisa menyimpan emas anda di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tapi jika anda memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang harus anda keluarkan,dan harganya tidak menentu tergantung bank yang menyewakan SDB,dan SDB tidak hanya menyimpan emas saja melainkan SDB juga bisa menyimpan surat-surat seperti sertifikat tanah dan yang lainnya.


Nah jadi itulah beberapa tips cara investasi emas untuk pemula yang bisa kita berikan kepada anda jadi bersiaplah anda untuk melakukan investasi dan jadikanlah masa depan anda lebih terjamin supaya anda bisa menikmati masa tua anda dengan tenang