8 Cara Membuat Desain CV Menarik Terbaru 2021

Curriculum Vitae atau yang sering disebut dengan CV ini, memang sangat penting untuk semua  orang yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Karena dengan membuat CV yang  bagus serta menarik akan membuat HRD di suatu perusahaan yang anda impikan akan  memanggil anda untuk melakukan interview dengan cepat dan tentunya memiliki kesempatan  untuk di terima di perusahaan tersebut. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, sudah ada  banyak platform yang menyediakan jasa CV dari yang gratis sampai dengan yang berbayar. 


8 Cara Membuat Desain CV Menarik Terbaru 2021


Anda jangan pernah meremehkan tentang Curriculum Vitae ini, karena CV tidak hanya dilihat  melalui isinya saja, namun Kerapian dari penulisan, atau nilai estetika yang ada di dalam suatu  CV juga menjadi perhatian dari semua perusahaan. Banyak HRD yang mengatakan bahwa untuk  direkrut dalam suatu perusahaan harus menyerahkan CV yang semenarik mungkin. 

Jika anda ingin membuat CV dan mencari contoh di suatu platform, mungkin itu akan sia-sia.  Karena sekian banyak platform yang menyediakan jasa pembuatan CV mereka menyediakan CV  yang merupakan model lama atau jadul. Ini karena platform tersebut belum mengalami update  terbaru dan lambat untuk mencari informasi terkini. Yang dimana setiap tahun, style CV pasti  akan berubah-ubah. Apalagi di tahun sekarang ini, perubahan CV sudah sangat jauh dari kata  kaku dan para pencari kerja berlomba-lomba untuk membuat CV mereka menjadi semenarik

mungkin dan tentu saja berusaha untuk berbeda dengan para pelamar yang lain. 

Ingat Sebelum anda ingin membuat CV, terlebih dahulu anda harus ,memperhatikan jenis  perusahaan yang akan anda lamar. Jika perusahaan yang ingin anda lamar lebih terlihat formal  maka anda bisa menyiapkan CV yang lebih konvensional atau kaku. Namun sebaiknya anda  siapkan saja dua jenis CV, entah itu CV kreatif ataupun Formal itu tergantung dengan  perusahaan yang anda lamar. 

Jika anda mengalami kesulitan dalam membuat desain Curriculum Vitae (CV), Bukablog sudah  menyediakan 8 cara membuat desain CV terbaru di tahun 2021 khusus untuk anda, sebagai  berikut: 

 

1. Buat Template/ Layout CV Semenarik Mungkin. 

Ini merupakan hal yang paling pertama untuk menarik perhatian HRD. Yang dimana anda bisa  membuat template menjadi dua sisi, yaitu dengan kolom sempit di sisi kanan maupun kiri  halaman 

Di template ini anda bisa menempatkan bagian profil pribadi anda di sebelah kiri, dan isi  biodata yang singkat, seperti keterampilan yang anda miliki, Kompetensi perangkat lunak yang  anda kuasai (pastikan perangkat lunak yang anda kuasai ini digunakan oleh perusahaan yang  sedang anda lamar), Bahasa yang anda kuasai (sangat di anjurkan jika anda menguasai lebih  dari 1 bahasa), detail kontak di dalam kolom, dan jangan lupa untuk menyertakan foto di kolom  yang sama. Disini anda juga bisa mengganti warna latar kolom agar membuatnya terlihat  berbeda. 

Kemudian anda harus menempatkan beberapa informasi yang lebih rinci, seperti pengalaman  kerja, pendidikan terakhir anda, dan kualifikasi yang anda miliki di kolom yang lebih luas.  Usahakan kolom pembagian desain letak mereka serapi mungkin, karena ini sangat membantu  anda untuk memaksimalkan tempat yang terbatas di tata letak CV kreatif yang anda buat. Untuk  lebih mudah dalam membuat CV Menarik kamu tidak perlu menguasai skill yang hebat dalam desain, bisa kunjungi cvmenarik.com untuk membuat CV dalam hitungan menit sesuai  dengan style dan desain yang dibutuhkan. Di dalam situs tersebut tersedia banyak contoh cv menarik sebagai referensi ada membuat cv lamaran kerja.

2. Tunjukkan Kelebihan Anda. 

Dalam membuat CV anda tidak cukup hanya dengan mengisi informasi dan data diri anda,namun anda juga diwajibkan untuk mencantumkan kemampuan yang anda miliki atau yang  anda kuasai. Apalagi sekarang ini pekerjaan tidak hanya di lihat melalui nilai pendidikan semata. Karena pihak HRD perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan yang anda miliki dengan  kemampuan dari pelamar lain. 

Contohnya saja jika anda ingin menjadi seorang editor di suatu perusahaan lama ataupun start  up. Maka dari itu lebih baik jika anda mencantumkan tentang prestasi dan kemampuan yang  anda miliki. Misalkan dulu anda sudah pernah bekerja atau anda sudah pernah mengedit video  untuk sebuah perusahaan atau instansi. Begitu juga jika anda sudah pernah mengikuti  pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar. 

Kemampuan melamar di perusahaan ini memiliki peran yang sangat penting ketika anda akan  bekerja nantinya dan ini memiliki pengaruh yang sangat besar untuk diterima atau tidaknya di  perusahaan yang telah dilamar. Dengan begitu, saat anda di terima dan melakukan training di  perusahaan mereka akan merasa puas dengan kemampuan anda, dan tentunya anda akan dipertahankan untuk menjadi pegawai tetap atau staf di perusahaan tersebut. 

3. Buat CV Untuk Semua Industri. 

Disini anda harus membuat CV untuk semua industri atau perusahaan, yang dimana saat anda  ingin melamar di suatu perusahaan anda bisa menggunakan satu model CV saja, ini bertujuan  agar anda tidak kebingungan dalam menentukan model dan anda harus berulang-ulang dalam  membuat desain CV. Namun jika anda tetap ingin menggunakan Desain CV yang berbeda-beda 

anda bisa menggunakan beberapa platform yang menyediakan jasa CV, dan pastikan desain CV  yang mereka tawarkan itu berbeda dari desain platform lain. 

4. Gunakan Bahasa yang Menarik. 

Dalam penulisan CV tidak semuanya harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang formal.  Disini anda bisa menulis di setiap bagian yang ada dalam CV anda secara menarik sesuai dengan  posisi yang akan anda lamar. Misalkan, jika anda mendaftar di bagian kreatif film atau konten  video, maka anda harus menggunakan bahasa yang bisa mendeskripsikan atau menguraikan  keahlian yang anda miliki dengan menyebut atau menyamakan dengan karakter maupun judul  sebuah film. 

Sekarang ini, semua orang telah berusaha untuk menonjolkan dan menjadi model terbaik. Maka dari itu anda juga jangan pernah ragu dan terpaku dengan aturan kuno atau jadul.

 

Gunakanlah imajinasi anda untuk berkreasi dalam penggunaan bahasa. Karena gaya penulisan  ini bisa dijadikan poin penting HRD dan divisi yang terkait untuk menilai para calon karyawan. 

5. Buat CV Yang Mudah Dibaca Oleh HRD. 

Selanjutnya, anda jangan membuat CV tentang semua informasi anda secara bersamaan atau  menggabungkannya. Sebaiknya anda menggunakan struktur kisi, yaitu dengan kolom dan baris  untuk tata letak CV anda seperti yang dijelaskan sebelumnya. Karena pemisahan ini berfungsi  untuk membagi data anda agar menjadi lebih mudah dibaca dan tentunya enak untuk di lihat. 

Ingat anda harus membaca CV anda secara berulang kali, saat anda menganalisis CV anda  sendiri, dan bacalah seakan-akan anda yang menjadi HRD di suatu perusahaan. Disana anda  bisa menilai CV yang telah anda buat dan pastikan bahwa CV anda sudah cukup menarik dan  baik entah itu dalam penulisan, bahasa, font maupun yang lainnya dan jika anda merasa bahwa  CV yang anda buat itu kurang menarik dan kurang meyakinkan, maka anda harus  memperbaikinya dengan segera. Karena CV ini merupakan hal yang paling utama untuk  mengenali kemampuan anda, di antara para pesaing lain. Maka dari itu sangat penting agar  anda mengolah CV anda dengan unik dan semenarik mungkin. 

6. Ketahui Situs/platform untuk Membuat CV Online. 

Sekarang sudah banyak sekali beredar tentang situs maupun platform yang menyediakan jasa  pembuatan CV online, Maka dari itu anda harus mengetahui dengan detail apakah platform  tersebut menyediakan jasa pembuatan CV terbaru dan terpercaya, karena saat anda memesan  untuk di buatkan sebuah CV dan akan di gunakan minggu depan, namun saat tiba di hari  tersebut CV yang telah anda pesan itu, masih belum jadi atau belum dikerjakan sama sekali  dan sudah pasti anda kehilangan satu kesempatan untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan  yang mungkin sudah sangat anda impi-impikan dari dulu. 

Maka dari itu kegiatan untuk mengetahui platform yang terpercaya untuk membuat CV online ini  sangatlah penting untuk anda lakukan agar anda terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. 

7. Jelaskan Pengalaman Anda Dengan Detail. 

Seperti tips-tips di atas disini anda harus menjelaskan pengalaman yang anda miliki secara  detail. Karena pengalaman ini merupakan salah satu komponen yang mendukung isi dari sebuah CV. Disini anda harus menyusun CV anda dan jangan pernah lupa untuk mencantumkan  pengalaman yang anda miliki dengan mendetail seperti, anda pernah bekerja di suatu  perusahaan yang memiliki tujuan sama atau cara kerja yang sama dengan perusahaan yang  sedang anda lamar. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik lebih untuk di pertimbangkan oleh  HRD. Namun, jika anda memiliki banyak pengalaman, anda jangan mencantumkan semua  pengalaman anda. Pilih saja beberapa pengalaman yang anda rasa memiliki prestasi atau  pencapaian yang paling bagus dan menarik saja sudah lebih dari cukup. 

 

8. Waktunya Untuk Melamar Dengan CV Anda. 

jika anda sudah mengikuti semua cara di atas maka sekarang waktunya untuk anda mulai  melamar pekerjaan secara online tanpa harus mendatangi perusahaan tersebut. Karena  sekarang hampir semua perusahaan besar menggunakan cara online dalam menerima lamaran  kerja. 

Anda bisa mencari lowongan kerja melalui platform media sosial, atau melalui informasi dari  iklan lowongan kerja yang terpercaya. Karena selain lebih mudah, platform lowongan kerja juga  biasanya lebih terpercaya dan sudah dilengkapi dengan kualifikasi, alamat, bahkan sampai  dengan gaji yang ditawarkan. Maka dari itu melakukan semua tips di atas akan sangat berguna  untuk anda. 

Nahhh, itu merupakan 8 cara untuk membuat desain CV menarik dan terbaru di tahun 2021.  jika anda merupakan pelamar yang belum mendapatkan pekerjaan karena selalu memiliki  masalah dalam pembuatan CV maka semua tips di atas sangat berguna dan harus anda lakukan.