Cara Cepat Mendapatkan 4000 Jam Tayang di Youtube ( Update )

Industri konten kreator di indonesia khususnya youtube memiliki perkembangan yang sangat pesat dan sudah menjadi trend untuk menghasilkan uang saat ini,begitu banyak sekali bermunculan kreator baru setiap harinya untuk memperlihatkan hasil karyanya di youtube melalui konten video andalan mereka. Apakah kamu salah satunya ?

Beberapa alasan orang suka bermain youtube ( youtuber )  :
  • Ingin menghasilkan banyak uang dari youtube melalui google adsense ( iklan )
  • Bisa dikenal banyak orang.
  • Branding diri sendiri melalui youtube.
  • Branding dan mempromosikan produk dalam bentuk video di youtube.
  • Terakhir mungkin sekedar iseng dan ingin berbagi ke sesama..hehehe...

Namun dibalik segala daya tarik yang di tawarkan oleh youtube,banyak sekali tantangan yang harus kamu hadapi sebelum menikmati gurihnya dolar setiap bulan dan salah satunya adalah mendapatkan waktu tonton 4000 jam.

Aturan baru dari youtube untuk monetisasi google adsense yang mengharuskan youtuber memperoleh 1000 subscriber dan 4000 jam tayang sangat membuat kreator pemula kelabakan dan tidak sedikit juga yang putus asa.

Baca juga : Cara Bikin VLOG di HP dan Aplikasinya.

Cara Cepat Mendapatkan 4000 Jam Tayang di Youtube


Apa itu 4000 Jam tayang / Watchtime ?

Pada dasarnya watchtime atau waktu tonton berbeda dengan views,keduanya memang soal angka tapi konteksnya sangat berbeda.

Watchtime adalah waktu dan durasi orang menonton video kita,misalkan video kita berdurasi 20 menit dan orang hanya menonton 15 menit. Maka watchtime/jam tayang video kamu adalah 15 menit saja.

Views adalah jumlah orang yang melihat atau menonton video kita dan itu sangat berbeda dengan jam tayang/watchtime.

Jadi kesimpulannya cukup sederhana bukan ? tapi meskipun begitu masih saja banyak youtuber yang keliru menilai jam tayang untuk channel mereka dan itu biasanya kreator pemula yang baru mau mulai di youtube.

Kebijakan baru youtube ini memang membuat banyak youtuber kena dampaknya dan tidak sedikit yang menyebutkan kalau ini terlalu berat untuk pemula. Sebenarnya disinilah ketekukan kalian di uji,apakah kalian akan kuat untuk bertahan membuat konten atau menyerah begitu saja.

peraturan youtube sebelum mengajukan monetisasi channel
Kamu bisa lihat pada gambar di atas,youtuber harus memenuhi syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber agar bisa mendaftarkan channel untuk monetisasi iklan.

4000 Jam Sama Dengan Berapa Menit ?

Jika kamu lihat dashboard creator studio maka hitungan yang di pakai adalah Menit bukan jam,jadi berapa menit untuk 4000 jam ? jawabannya adalah 1jam = 60 menit dikali 4000 = 240.000 menit.

Jadi kamu harus mengumpulkan 240.000 menit tayangan terlebih dahulu untuk channel kamu barulah bisa di daftarkan monetisasi youtube.

Bagaimana, kamu sudah paham ?

Jika sudah yuk simak tips menambah watchtime dengan cepat di bawah ini untuk kamu yang baru memulai membuat channel di youtube.

Baca Juga : 11 Rahasia Menjadi Youtuber Sukses ( Pemula )

1. Buat Video Dengan Durasi Lebih Panjang.

Secara logika ini sangat masuk akal mengingat watchtime adalah durasi orang menonton video kita,jadi bisa di simpulkan semakin panjang durasi maka akan semakin banyak watchtime kita. Benarkah begitu ?

Mungkin kalau di sederhanakan maka benar begitu,tapi tidak sepenuhnya seperti itu juga,ini akan menyambung ke poin no 2.

Perlu kamu tahu bahwa tidak semua jenis konten bisa di panjangkan durasinya,jika kontenmu adalah vlog mungkin bisa membuat video di atas 10 menit dan itu sangat bagus.

Bagaimana jika kontenmu adalah tutorial yang hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menyampaikan materinya ? apakah di paksakan membuat durasi 10 menit ? atau beralih konten untuk membuat vlog ?

Jawabannya jelas tidak,untuk video singkat tidak perlu berkecil hati karna kita bisa memanfaatkan retensi penonton.

Apa itu retensi ?

Simpelnya retensi adalah kekuatan orang untuk menonton video kita,jadi semakin panjang retensinya maka akan semakin bagus.

Retensi penonton terdahap video kita

Kamu bisa perhatikan pada gambar di atas antara video A dan B, video yang hanya berdurasi 5 menit memiliki retensi penonton yang lebih bagus dengan video yang B berdurasi 10 menit.

Jadi walaupun durasi videomu lebih pendek,dengan retensi yang bagus maka kamu bisa mengantongi watchtime lebih banyak. Pertanyaannya ,bagaimana membuat retensi penonton lebih tinggi dan penonton bersedia menikmati konten kita sampai habis ?

Banyak aspek yang harus kamu perhatikan untuk bisa menahan penonton agar tetap menonton video kita sampai habis seperti :
  • Menyajikan konten yang menarik ( ke poin 2 )
  • Membuat video yang terus mengundang rasa penasaran orang untuk menonton lagi dan lagi tanpa skip video.
Untuk lebih jelasnya yuk kita beralih ke poin di bawah.

2. Tingkatkan Kualitas Konten Video.
Pernah nggak kalian lihat youtuber yang baru upload video langsung mendapatkan sambutan yang bagus dari subscribernya dan jumlah viewsnya itu gila-gilaan ? kalau iya itu adalah kekuatan dari kualitas konten.

Youtuber Agung Hapsah
Agung Hapsah : Youtuber dengan segudang konten berkualitas

Menyajikan konten video yang berkualitas akan sangat mudah mendapatkan penonton yang loyal dan setia nungguin video-video kamu berikutnya. Apapun niche videonya jika kamu konsisten sama kualitas,pasti banyak yang akan nunggu karya kamu berikutnya.

Terus apa hubungannya sama Watchtime ?

Baik kita bisa kembali ke poin pertama yaitu untuk mendapatkan retensi yang bagus harus mampu mengikat penonton agar mau merelakan waktu mereka untuk menonton video kita sampai selesai,berapapun durasinya.

Nah inilah salah satu caranya,dengan membuat konten yang berkualitas maka secara tidak langsung akan membuat penontonmu nyaman dengan konten yang kamu sediakan.

Faktor apa saja sih yang membuat video kita lebih Berkualitas ?

a. Editing videonya.
Nah ini sih penting banget buat kamu dalami lebih jauh lagi karena editing tidak hanya sekedar cut video,menambahkan musik dan juga tulisan saja.Tapi editing video lebih dari itu,kamu harus update dengan style editing terbaru yang lagi banyak di pakai atau jika memungkinkan buat gaya editing kamu sendiri.

Untuk mempermudah proses belajar editing video pastikan kamu menggunakan aplikasi yang umum dan banyak di pakai oleh youtuber lain seperti Adobe premiere pro,sony vegas,filmora dan masih banyak lagi.


b. Konsep dari Video Tersebut.
Kebanyakan video keren yang kamu tonton di youtube itu sudah terkonsep dengan rapi sebelum dibuat,jadi pada saat proses pembuatan video tidak akan kebingungan mau ke arah mana alur video tersebut.

Youtuber Mak Beti
Konsisten dengan konsep film pendek dan pengembangan karakter pemain - Mak Beti

Video yang dibuat dengan konsep yang matang tentu akan menghasilkan sebuah konten yang enak di nikmati dibandingkan tanpa konsep yang dimana sudah bisa dipastikan hasil videonya tidak akan memiliki alur yang jelas dan membosankan.

c. Gaya Pembawaan.
Apapun niche kontenmu,sangat penting dalam memperhatikan gaya pembawaan video agar penonton lebih enjoy dan terbawa dengan suasana video kamu. Bagaimana penonton bisa betah menonton video kamu kalau kamunya aja lemes ?

Gaya pembawaan tidak harus dipaksa seperti A atau B,sesuaikan saja dengan karaktermu sendiri dan jangan pernah menjadi orang lain. Dengan menjadi diri kamu sendiri dari awal itu akan membentuk karaktermu dengan penonton channelmu.

Mungkin masih banyak sekali kreteria konten di katakan berkualitas,dan buat kamu yang masih pemula tentunya jangan berhenti belajar karena dalam dunia youtube kita harus bisa fleksibel dan mau belajar banyak hal untuk mendukung keberhasilan kamu di youtube.

3. Optimasi pada Judul dan Thumbnail.

Tidak bisa di pungkiri untuk bisa bersaing dengan video lain dan membuat orang menjatuhkan pilihannya k video kita itu sangatlah susah. Karena alasan itulah optimasi judul dan thumbnail video di youtube sangat diperlukan.Tidak hanya menarik,tapi unsur relevan dengan kontennya juga harus tetap kita perhatikan.

Contoh thumbnail menarik dari channel Trakin Tech
Contoh thumbnail menarik dari channel Trakin Tech
Thumbnail dan judul yang menarik tidak hanya mampu mendatangkan penonton atau views yang banyak,tapi secara tidak langsung juga berkesempatan untuk mengumpulkan subscriber lebih banyak lagi.

Bagaimana membuat Thumbnail dan Judul yang menarik untuk channel youtube ?

a. Usahakan Thumbnail dan Judul tetap relevan dengan konten.

ini hal yang paling pertama dan harus kamu tekankan secara terus menerus agar tidak membuat thumbnail dan judul yang clickbait ( memancing ) yang dimana penonton akan merasa tertipu karena isi konten dan judul itu tidak sesuai.

Jika sudah seperti itu jangan harap penonton akan bertahan di video kamu lebih lama lagi.

Buat thumbnail kamu jadi menarik tanpa harus menipu penonton.

b. Gunakan FONT yang Jelas dan Tebal.

Banyak sekali jenis font yang bisa kamu gunakan untuk membuat kreasi thumbnail menjadi lebih menarik,jangan gunakan font yang susah dibaca dan membuat penonton kebingungan.

Masukkan text ke dalam thumbnail secukupnya saja dan jangan terlalu ramai yang ujung-ujungnya akan membuat penontonmu jadi tambah bingung.

c. Konsisten dengan Desan Thumbnail Kamu.

Usahakan buat kamu yang baru mulai bergabung di youtube untuk konsisten tidak hanya pada konten,tapi unsur thumbnail juga sangat penting kamu perhatikan.

Ilustrasi desain thumbnail yang menarik

Kamu bisa lihat ilustrasi di atas,ada 2 channel yaitu channel A dan B,kedua channel tersebut memiliki komposisi thumbnail yang berbeda. Menurut kalian thumbnail mana yang lebih mudah dikenali ?

Mungkin ada yang jawab A dan B,biar gak makin bingung yuk kita pecahkan.

Desain thumbnail A sangat tidak konsisten dan itu akan sangat susah dikenali oleh penonton bahwa video itu adalah milik channel kamu.Dengan thumbnail yang selalu berubah-rubah maka penonton yang suka menonton videomu, tapi karena thumbnail yang mereka temukan berbeda maka kemungkinan untuk tidak di klik akan semakin besar.

dan perhatikan desain thumbnail B dimana dia lebih konsisten dalam mempertahankan komposisi warna hijau dan dengan tambahan warna yang berbeda agara tetap stylish.Ini jauh lebih baik dan secara tidak langsung thumbnail itu akan menjadi branding kamu untuk ke depannya.

Thumbnail adalah salah satu langkah branding terbaik - Bukablog.com

4. Buat Konten Video Jagoan Kamu.

Apa sih madsudnya konten jagoan ? bukannya semua konten video sama saja ya ?

yaps ini spesial dan sengaja admin taruh di poin ini,buat kamu yang pemula wajib memahami poin yang satu ini.

Secara sederhana video jagoan adalah video yang tidak dimakan waktu,artinya video kamu akan di cari secara terus menerus oleh penonton youtube atau gampangnya di butuhkan dalam jangka waktu lama oleh penonton. Dengan begitu watchtime kamu akan terus bertambah dengan sendirinya tanpa harus mengejar kuantitas video.

Sampai disini sudah paham dengan video jagoan ?

Pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana cara membuat video jagoan dan apa saja kesulitannya ?

Video jagoan lebih banyak di temukan di konten yang membahas tutorial,dimana notabene orang yang kesulitan memecahan suatu masalah dan pergi ke youtube untuk menyelesaikannya.

 Jika kamu bisa membuat satu buah video saja yang nangkring di posisi 1 dengan keyword tertentu ,maka bisa dipastikan kamu akan mendapatkan penonton yang stabil terus menerus secara otomatis ( pasif views )

Membuat video jagoan apakah sulit ?

Sulit atau tidak tergantung masing-masing pemilik channel,karena ada beberapa jenis niche channel yang susah memiliki video jagoan seperti vlog,prank dan sejenisnya.

Tips Membuat video jagoan ala BukaBlog :

  • Pilih keyword yang banyak dicari oleh pengunjung sesuai dengan niche channel kamu,misalkan channel kamu tentang otomotif maka buatlah beberapa video yang paling dicari mengenai otomotif ( misalkan tutorial modifikasi,trik-trik tertentu dan masih banyak lagi ).
  • Ada baiknya kamu sebelum membuat video riset terlebih dahulu untuk memastikan video yang kamu buat benar-benar di cari untuk jangka waktu panjang.
  • Intip channel lain yang memiliki niche sejenis untuk melihat video populer mereka dan kembangkan untuk menjadi sebuah konten yang baru ala kamu sendiri.
Bagaimana ? apakah kamu tertarik membuat konten video jagoan ?


5. Maksimalkan Fitur Endscreen dan Cards di Youtube.

Kedua fitur ini sangat membantu untuk menambah views dan juga watchtime kita di youtube.End screen misalnya,kamu bisa memilih beberapa video untuk di letakkan di setiap akhir videomu sebagai pilihan tontonan berikutnya. Keren bukan ?

Untuk cards sendiri kamu bisa tambahkan di tengah video yang kamu inginkan baik berupa link yang mengarah ke video kamu yang lain dan juga bisa ke playlist. Ini juga sangat berpotensi untuk meningkatkan jam tayang videomu.

A. Cara Menambahkan Endscreen ( layah akhir ) Pada Video Youtube .

- Pertama kamu bisa login ke youtube dan buka Creator Studio.

Masuk ke dalam kreator studio youtube

- Lihat pada menu sebelah kiri pilih opsi Video.
- Setelah itu klik icon Pencil untuk editing video kamu.
Klik tombol edit video

- Lihat di sebelah kanan layar kalian ada opsi Kartu dan Layar Akhir ( endscreen ).
- Silahkan kamu pilih salah satunya untuk menambahkan fitur yang kamu mau.
Menu kartu dan layar akhir
- Untuk selanjutnya tinggal klik yang kamu ingin tambahkan dan pilih video yang ingin di tambahkan ke dalam Endscreen atau Cards nya.
- Cukup simpel bukan ?

Dua fitur bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk meningkatkan jam tayang di channelmu. Fitur ini dibuat untuk memudahkan kreator merekomendasikan video lain secara manual kepada penonton.

Itulah 4 cara mendapatkan 4000 jam tayang di youtube tahun 2020 yang akan terus kita update seiring dengan perkembangan algoritma dari youtube itu sendiri. Selamat mencoba dan selamat berkarya.


Bergabung dengan ribuan pembaca bukablog lainnya