Cara Bikin VLOG Youtube di Hp + Aplikasi

Ngevlog sudah menjadi trend konten video yang populer belakangan ini.Terbukti banyak sekali vlogger baru bermunculan dengan keunikan mereka masing-masing. Apakah kamu mau menjadi salah satu dari mereka ?

Membuat vlog di hp tidaklah memerlukan keahlian khusus yang berat untuk di kuasai,cukup modal smartphone kamu sudah bisa membuat vlog yang keren dan juga kekinian.

Peralatan yang di butuhkan untuk membuat vlog low budget :

  • Smartphone ( untuk merekam video )
  • Mic ( untuk memperjelas suara audio )
  • Tripod atau Gorilla pod
  • Aplikasi pendukung untuk editing vlog.
Cara Bikin VLOG Youtube di Hp + Aplikasi

Aplikasi Kamera Tambahan :

Untuk menghasilkan video yang bagus kalian juga bisa menggunakan aplikasi tambahan thumbnail agar video jadi lebih keren dan bisa di setting manua. Aplikasi kamera yang kita rekomendasikan adalah CINEMA FV5 dimana versi APK bisa kalian download via link di bwah ini :



Aplikasi untuk Editing VLOG di HP :

Ada beberapa aplikasi editing video khususnya vlog yang memang memiliki tampilan yang simpel untuk editing video. Bahkan jika kamu seorang pemula sekalipun dijamin bisa menggunakan aplikasi yang kita ulas di bawah ini :

1. Vlog it.
Aplikasi ini adalah besutan dari WONDERSHARE FILMORA yang memiliki tampilan interface sederhana dan mudah di pahami. Fungsinya yang notabene memang di khususkan untuk vlog membuat aplikasi ini sangat banyak di gunakan oleh vlogger khusunya yang editing menggunakan smartphone.


2. QUICK Video Editor.
Seperti namanya quick video editor memberikan begitu banyak kemudahan dan salah satunya adalah editing yang otomatis baik dari segi pemilihan lagu,transisi dan masih banyak lagi. Jadi Quick sangat di sarankan untuk pemula yang baru belajar editing video.


3. Viva Video.
Bisa dibilang ini adalah aplikasi sejuta umat yang banyak di pakek tidak hanya youtuber,tapi selebgram juga. Aplikasi yang gratis dan powerfull ini memiliki tampilan sederhana dan juga fitur yang lengkap.



Baca juga : 7 Aplikasi edit video di hp android untuk youtuber sukses

Langkah-Langkah membuat vlog menggunakan smartphone :

1. Siapkan alat yang di butuhkan ( Equipment ).

Peralatan untuk bikin vlog di hp


Selain aplikasi vlog di android yang sudah kita bahas tadi,kamu juga perlu menyiapkan peralatan sebelum melakukan kegiatan ngevlog.Alat-alat utama yang diperlukan adalah sebuah smartphone,setelah itu barulah alat pendukung lain kamu bisa beli seperti video mic micro,stabilizer,dll.

Tapi semua alat pendukung itu tidak diharuskan ada kalau kamu memang baru memulai untuk membuat video.Intinya mulai aja dulu...hehehe

2. Menulis Konsep untuk Vlog ( Script )

Menulis konsep dan script vlog


Konsep dalam membuat video sangatlah penting,tidak terkecuali video vlog. Walaupun video VLOG terkesan hanya sebuah hiburan,membuat konsep dalam vlog sangat penting untuk memberikan kesan kepada penonton videomu.

Beda halnya jika channe youtubemu sudah besar dan kamu terbiasa melakukan vlog,mungkin konsep tidaklah begitu penting.

Luangkan waktu sejenak untuk membuat konsep agar vlog yang kamu hasilkan nanti itu bisa menjadi vlog terbaikmu.

3. Pahami hal teknis dalam membuat vlog.

Banyak hal teknis yang bisa kamu pelajari dalam membuat vlog agar tidak keliahatan amatiran dan pemula banget di antaranya :
  • Usahakan posisi smartphone pada saat merekam dalam keadaan horizontal bukan vertikal.
  • Jika perlu gunakan aplikasi kamera tambahan yang di di download dari playstore seperti FV5 Camera,dll.
  • Matikan jaringan data pada saat proses VLOG agar tidak menggangu kamu saat proses pengambilan video.
  • Pilih backsound yang sesuai dengan tema vlog dan pastikan bebas dari copyright.
Ya itu beberapa langkah untuk membuat vlog menggunakan hp android buat kamu yang baru saja ingin mulai menjadi youtube vlogger. Selamat mencoba dan salam kreator indonesia.