Mau Beli Laptop untuk Editing Video ? Simak 6 TIPS Memilih Spesifikasi Laptop Berikut Ini.

Laptop Editing video baik dalam ruang lingkup profesi filmmaker,youtuber atau apapun itu sudah bisa dipastikan membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi dari biasanya.Jika normalnya kita menggunakan laptop hanya untuk kebutuhan membuat dokumen,presentasi,dll tapi hal itu sudah tidak berlaku karna di jaman sekarang kebutuhan akan editing baik itu foto dan video sudah semakin besar. Jadi sudah wajib kalian memperhatikan spesifikasi laptop atau pc untuk editing video sebelum membelinya.

tips memilih spesifikasi laptop untuk edit video
background image by pexels

Jika kamu ingin membeli sebuah laptop untuk editing video pastikan sudah mengetahui aplikasi apa saja yang ingin kamu install pada laptop.Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan sebelum membeli karna banyak sekali aplikasi editing video dan membutuhkan spesifikasi laptop yang berbeda-beda.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop untuk kebutuhan edit video.

1. Kenali aplikasi editing yang akan kamu gunakan.

Sangat banyak sekali aplikasi edit video yang tersedia untuk kamu gunakan. Pilih yang menurut kamu cocok atau sudah pernah digunakan sebelumnya. Ini akan sangat membantu pemilihan spesifikasi laptop yang akan kamu beli nanti. Setiap aplikasi edit video memiliki stadar spesifikasi yang berbeda. Ada beberapa aplikasi editing video yang paling banyak digunakan antara lain :
  • Adobe premiere pro ( lihat disini )
  • Adobe After Effect 
  • Wondershare Filmora
  • Sony VEGAS PRO
  • dan lain-lain
jadi sebelum mengambil keputusan untuk membeli laptop ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu spesifikasi yang dibutuhkan dari aplikasi yang ingin kamu gunakan nantinya.

2. Pilih Prosesor yang memadai.

Aplikasi editing video profesional mampu berjalan dengan baik di prosesor multi-core,jadi intinya semakin banyak jumlah core itu akan semakin bagus.Ada beberapa produsen prosesor ternama di antaranya yang paling top ada AMD dan juga INTEL yang sudah mampu menghadirkan prosesor multi-core.Dikarenakan tugas untuk edit video baik itu render,editing,encode dan lain lain itu sangat berat jadi akan lebih bagus jika kamu invest uang untuk membeli prosesor yang lebih baik.

Beberapa pilihan prosesor yang bisa kamu pilih antara lain :
  • AMD Ryzen ( Ryzen 5 dan 7 )
  • Intel gen 8 ( Core i7 dan Core i9 )
Jadi sudah ada gambaran kan jenis prosesor yang akan kamu pilih.? oke kita lanjut ke tips berikutnya..

3. Perhatikan RAM ( memori )

Setelah prosesor hal yang tak kalah penting kamu perhatikan sebelum membeli laptop adalah RAM ( random access memory ).Angka disini masih berlaku ,jadi semakin besar angka RAM maka kinerjanya akan semakin bagus. Ram berfungsi untuk mengangkat kinerja laptop atau pc saat kita membuka aplikasi,terlebih itu aplikasi edit video.

Biasanya untuk di pasaran itu banyak tersedia laptop dengan RAM 4GB dan memiliki harga yang terjangkau,tentunya itu tidak cukup untuk kebutuhan kita dalam hal editing video. Minimal RAM atau memori yang bisa kamu pakai adalah 6GB dan 8GB agar aplikasi editing bisa berjalan dengan maksimal.Atau akan lebih bagus lagi jika kamu bisa memilih ram 16GB itu akan membuat kinerja aplikasi sekelas premiere pro atau after effect berjalan maksimal ( anti lag )


4. Pilih kapasitas HDD yang lebih besar.

Menyimpan video hasil editing ataupun animasi tentunya memerlukan kapasitas HDD ( Hard Disk Drive ) yang cukup besar. Untuk kebutuhan edit video rekomendasi HDD itu di 320GB atau kalau mempunyai dana lebih kalian bisa membeli dengan kapasitas yang lebih besar ( 500GB/750GB ) atau mungkin kamu bisa beli SSD ( Solid State Drive ) tapi dengan harga yang lebih mahal tentunya.

5. Pilih DISPLAY yang full HD.

Dalam hal editing video kita membutuhkan yang namanya ketajaman baik untuk color grading maupun melihat hasil akhir video.Jadi ada baiknya kamu memilih display laptop yang full HD ( 1920 X 1080 ) yang dapat memberikan pengalaman editing maksimal.

6. Edit video Maksimal dengan VGA yang baik.

Selain Hard Disk yang besar,VGA dengan kemampuan yang mumpuni juga sangat membantu kamu untuk mempercepat proses editing video. Jadi fungsi dasar dari VGA adalah menampilkan apapun di layar laptop kalian.Sebenarnya VGA bawaan dari masing-masing laptop biasanya sudah bagus tapi jika memungkinkan pilih VGA yang memiliki kelas tinggi bisa AMD atau Nvidia.

Oke itulah beberapa tips memilih spesifikasi laptop untuk editing video dan jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan dari aplikasi editing yang akan kamu pakai. Selamat berburu laptop idaman....