5 Cara Mudah Mempercepat Kinerja ANDROID yang Lemot

Mempercepat kinerja Smartphone Android yang mulai lemot karna beragam faktor itu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana. Android/smartphone yang kita pakai memang memiliki kecepatan yang maksimal saat awal pemakaian,tapi coba anda amati setelah 1 bulan,dia akan memperlambat dengan sendirinya seiring bertambahnya aplikasi yang anda pakai.

Namun untungnya hal tersebut bisa kita atasi dengan beberapa langkah mudah mempercepat Hp android yang lemot dimana siapa saja bisa melakukannya dan tanpa keahlian khusus. Berikut kita rangkum 5 Solusi mempercepat kinerja android anda :

Cara Mudah Mempercepat Kinerja ANDROID

1. Bersihkan App Cache.

Aplikasi chache yang menumpuk akan memakan banyak memori internal anda.Dengan membersihkannya,android anda akan menjadi lebih enteng dan ngebut pastinya.Untuk menghapus aplikasi cache, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Cari Menu SETTING > Apps > Pilih Tab ALL.
  • Pilih Aplikasi yang ingin anda bersihkan.
  • Klik Clear Chache.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan.

Aplikasi memang membuat smartphone anda menjadi lebih pintar dengan berbagai kelebihan di dalamnya.Namun terlepas dari hal itu,memasang banyak aplikasi akan menyebabkan android anda menjadi lemot karna memakan ruang penyimpanan dan bukan tidak mungkin juga akan mengkonsumsi RAM anda. Solusinya, silahkan hapus beberapa aplikasi yang memang sudah tidak digunakan dengan cara :
  • Cari menu Setting > Applications > Manage Applications.
  • Silahkan matikan atau Uninstall aplikasi yang menurut anda kurang berguna.
  • Selesai.

3. Hilangkan Virus / Malware dari android anda.

Seiring dengan populernya sistem android saat ini dimana memungkinkan kita untuk mengunduh berbagai aplikasi secara gratis di Google Playstore dari berbagai developer seluruh dunia membuat android rentan terhadap berbagai ancaman seperti virus dan malware yang terkandung dalam aplikasi yang anda unduh dan instal. 

Untuk mengatasi hal tersebut,anda hanya tingga install Antivirus/Security Mobile di smartphone anda dan itu bisa didapatkan secara gratis di playstore.

4. Bersihkan Widget yang tak terpakai.

Ini akan membantu ponsel anda untuk menambah ruang dan sumber daya agar sistem android dapat bekerja dengan cepat dan efesien. Cobalah anda menghapus beberapa widget yang dirasa tidak perlu di layar Home atau layar utama ponsel anda. Untuk mempercepat proses Remove Widget,silahkan gunakan APP Launcher sebagai aplikasi pihak ketiga.

5. Lakukan Pembaruan Aplikasi secara rutin.

Lakukan pembaruan aplikasi secara berkala pada ponsel anda. Developer akan memperbarui kinerja aplikasi mereka baik itu Bug atau fitur terbaru yang ingin mereka tambahkan pada suatu aplikasi. Oleh karna itu anda sebaiknya melakukan pembaruan pada setiap aplikasi yang terinstall untuk meningkatkan peforma android. Caranya sangat mudah,silahkan anda :
  • Masuk ke Google Playstore.
  • Lihat sebelah kiri > pilih My Apps.
  • Silahkan klik Perbarui pada aplikasi yang anda inginkan.
  • Maka secara otomatis aplikasi akan memperbarui ke versi terbarunya.
Itulah 5 cara mempercepat kinerja sistem android yang lelet dan semoga bermanfaat.