9 Tips and Trik Jadi Seorang Live stream Untuk Pemula, Dijamin Sukses Di Tahun 2021


9 Tips Jadi Live Streamer Game Untuk Pemula,-Apa anda merasa jago dalam bermain game, dan anda ingin menggunakan keahlian anda ini untuk menghasilkan uang dengan menjadi pro gamer? maka anda datang ke blog yang tepat. Disini bukablog akan memberi tahu anda 9 tips untuk mengaplikasikan keahlian anda dalam bermain game agar bisa mendapatkan cuan. 

9 Tips Jadi Live stream Untuk Pemula

Sekarang orang-orang sudah mengetahui bahwa menjadi seorang proplayer dalam game merupakan suatu kelebihan dari seseorang, dan game ini memiliki berbagai jenis seperti game online mobile, konsol, bahkan game PC. Jika ketertarikan anda dengan yang namanya game menjadi semakin tinggi, maka anda bisa mencoba untuk menjadi stramer atau pemain yang suka melakukan siaran langsung saat bermain game. Ini sangat cocok untuk anda lakukan jika anda merasa percaya diri di depan kamera, karena kunci utama untuk menjadi seorang streamer game terkenal adalah percaya diri dan bisa berbicara dengan bagus atau tidak terbata-bata. 

Selain populer di kalangan anak muda. Melakukan streamer gaming ini cukup menguntungkan karena para streamer tentu saja akan mendapatkan uang dan uang yang di dapatkan itu bisa mencapai puluhan juta dengan sekali live stream saja, bahkan ini bisa sampai mendapatkan monetisasi dari pihak youtube. 

Namun untuk menjadi seorang livestreamer sukses ini bukanlah hal yang mudah, karena dengan menjadi livestreamer maka anda harus memiliki konsistensi yang tinggi dan bisa memainkan game secara menarik minat atau pupuler, dan menjadi seorang live stream ini akan membutuhkan peralatan dan inilah yang sebenarnya menjadi penghambat kebanyakan orang yang ingin melakukan streamer. Ada banyak hal yang harus anda lakukan supaya chanel streaming anda menjadi sukses dan bisa menghasilkam banyak uang, maka dari itu berikut adalah 9 tiips untuk anda yang merupakan seorang pemula dan ingin menjadi streamer:


1. Memilih Topik.

1. Memilih Topik.

Hal yang pertama dan harus anda lakukan sebelum menjadi seorang streamer. Anda harus memikirkan dengan matang topik apa yang akan anda gunakan untuk sebuah konten. Karena Banyak sekali calon streamer kebingungan dalam memilih topik yang di bahas dan akan menuntun para streamer pemula ke jalan kesuksesan. 

Sebenarnya anda bisa memilih 2 hal untuk di gunakan dalam bermain game, yang dimana anda bisa memilih game yang sedang populer dan diminati banyak orang, atau anda juga bisa memilih game yang sesuai dengan apa yang anda sukai saja. Memilih salah satu di antara game tersebut memanglah hal yang sulit untuk di lakukan, oleh karena itu berikut adalah kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dari 2 hal tersebut yang bisa anda pertimbangkan diantaranya:

- bermain game populer dan diminati banyak orang ini memiliki kelebihan yang dimana game ini akan lebih cepat mendatangkan viewers dan subscriber, Namun anda tidak hanya sekedar live saja, disini anda harus pandai dalam mengatur game dan jadwal live stream anda, karena banyak sekali game populer baru ataupun yang lama dan ini masih bisa anda mainkan. Dan disini anda harus siap mengeluarkan dana untuk membeli banyak game-game baru tersebut dan tentunya yang sedang hangat di mainkan oleh orang-orang.

- Namun, tidak hanya itu bermain game yang populer dan diminati oleh banyak orang ini juga tentunya memiliki kekurangan, yaitu anda memiliki kemungkinan tidak nyaman untuk bermain game tersebut, yang dimaksud tidak nyaman ini yaitu, dimana di setiap hari biasanya anda bermain game PC namun anda harus mengikuti tren dan harus memainkan game mobile di ponsel anda, Sebenarnya sebagai seorang gamer anda harus selalu suka bermain game apapun jenisnya dan dimanapun tempatnya.


Bermain game sesuai dengan keinginan anda, ini memiliki kelebihan yang dimana suatu game sangat sesuai dengan kriteria anda dan andapun akan menjadi sangat senang dalam memainkannya. Contohnya: anda merupakan seorang proplayer di salah satu game mobile. Maka dari itu anda bisa tekun memainkannya sampai anda menemukan para penggemar yang banyak dan setia mendukung anda.

Tentu saja setiap tipe game akan memiliki kekurangan tersendiri, yang dimana game ini akan menghasilkan penonton atau viewers yang akan lama berkembang, apalagi kalau skill dan personal anda biasa saja dan tidak terlalu menarik para penonton. 

Namun ada satu keberuntungan jika anda menjalankan game ini, yang dimana saat suatu game sedang tren dan anda menyukainya maka ini akan membuat anda menjadi lebih mudah untuk terkenal, dan tentu saja anda akan dengan cepat mendapatkan uang.


2. Siapkan Alat.

Siapkan Alat.


Selanjutnya saat anda sudah menentukan topik game yang cocok, maka anda jangan langsung tergiur dengan uang yang sudah di dapatkan oleh para streamer game profesional. Karena mereka bisa mendapatkan semua itu dari upaya dan modal mereka serta peralatan yang mereka gunakan itu adalah komputer/laptop khusus gaming, kamera/webcam HD, lighting dan tentunya yang paling penting dari semuanya yaitu kecepatan dari koneksi internet, dan anda juga bisa menambahkan peralatan lain untuk menambah nilai dan mendukung proses streaming anda. 

Walaupun dalam menjadi gamer anda harus memerlukan modal, namun bukan berarti anda harus membeli semua peralatan mahal tersebut. Namun anda harus mengingat, bahwa jika ingin melakukan sesuatu apapun itu anda harus menyesuaikannya dengan buget yang anda miliki. JessNoLimit-pun saat memulai untuk melakukan streamer hanya menggunakan alat-alat sederhana. 


3. Pilih Gadget yang Sesuai.

Pilih Gadget yang Sesuai.


Selanjutnya jika anda ingin menjadi streamer dengan menggunakan smartphone maka anda harus mempertimbangkan saat ingin menggunakan hp tersebut yang dimana ini adalah alat yang terpenting dan paling di butuhkan saat anda memainkan game mobile di smartphone.

Saat anda membeli sebuah gadget pastikan bahwa gadget tersebut kuat dan memiliki spesifikasi yang cocok untuk bermain game. Sekarang sudah ada banyak jenis gadget yang di luncurkan, maka dari itu anda menjadi lebih mudah untuk memilih gadget yang sesuai. 

Namun, jika sekarang anda tidak memiliki uang untuk membeli smartphone, anda bisa menggunakan smartphone yang anda miliki saat ini untuk bermain game, dan carilah game yang bisa di unduh dalam smartphone anda dan sesuaikan dengan spesifikasi hp yang dimiliki agar game anda bisa berjalan dengan lancar.


4. Fokus Satu Game Saja.

Fokus Satu Game


Tentu saja semua orang yang gemar bermain game pasti akan memiliki satu game favorit, entah itu game olahraga, Fantasi, Moba dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu untuk menjadi seorang streamer, sebaiknya anda menguasai salah satu dari game tersebut, dan janganlah bandingkan diri anda dengan streamer yang sudah senior/profesional. Tentu saja jika anda bandingkan ini semua maka anda akan kalah saing apalagi mereka sudah sangat lama terjun ke dunia streamer ini. Maka dari itu anda harus menguasai satu game saja. apalagi jika anda bisa memainkan game yang jarang di mainkan oleh streamer lain namun itu populer, maka ini bisa menjadi nilai tambahan untuk anda.

Atau anda juga bisa menggunakan berbagai trik dengan memainkan sebuah game berulang kali, dan anda juga bisa mempelajarinya dari orang lain. Anda harus menonton petunjuk game streamer favorit anda dan pelajari cara mereka bermain game dan bagaimana cara mereka agar bisa membuat penampilan streamer itu menjadi semakin menarik. Pelajari juga cara mereka berbicara dan bereaksi terhadap game yang sedang dimainkan untuk menciptakan karakter yang unik sendiri.


5. Pilih Platform Untuk Live Stream.

Pilih Platform Untuk Live Stream


Tips ini merupakan hal yang penting di lakukan, karena untuk membangun sebuah komunitas, anda harus memilih platform terbaik dan tentunya sesuai dengan minat, karakter dan terget penonton.

Sekarang sudah ada banyak sekali platform yang bisa anda gunakan untuk mengasilkan uang dan meraih kesuksesan dalam streamer. Maka dari itu berikut adalah beberapa platform untuk streamer gratis dan bisa di gunakan oleh siapa saja:

- Facebook (Fb).

Platform yang sudah dimiliki oleh banyak orang ini merupakan platform yang paling sering di gunakan orang-orang untuk menghasbiskan waktu mereka. Dan orang-orang menghabiskan waktu mereka untuk menonton video alur cerita, video lucu, video game, dan tentu saja live stream game. Dan banyak juga yang mencoba untuk menekuni live stream di facebook dan kebanyakan dari mereka telah berhasil melakukannya.


- Youtube (Yt).

Ini merupakan platform untuk menonton live straming dan yang paling laris di indonesia, Dan bisa di katakan bahwa aplikasi ini sudah ada di semua smartphone masyarakat indonesia. karena tidak hanya untuk menonton video yang sudah di edit, mereka juga bisa menonton live streaming game yang sedang populer di youtube gaming. 

Sebaiknya anda melakukan live stream pertama anda di youtube ini. Karena banyak sekali orang-orang yang menggunakan aplikasi youtube, sehingga anda akan mudah untuk mendapatkan penonton yang banyak.

Dan syarat untuk menjadi live streamer disini sangatlah mudah, karena tinggal mendaftarkan akun youtube dan buat chanel youtube isi semua persyaratan live stream dengan memasukan nomor HP dan anda langsung bisa memulai live streaming anda 


- Twitch.

Jika anda mahir dalam bahasa asing, dan target anda adalah orang asing. Maka twitch ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda, karena di luar sana platform ini sangatlah populer. Cara mendapatkan uang di twitch ini tidak sama dengan cara mendapatkan uang di youtube yang  mengandalkan adsense. Namun di twitch ini menggunakan metode donasi yang bisa dikirim langsung ke akun digital milik anda. 

Maka dari itu jika ingin melakukan streamer di platform ini anda harus berpenampilan menarik, bisa bermain game dengan baik, dan tentunya bisa menghibur para penonton.


- Nimo Tv.

Ini merupakan platform online yang sedang hangat dan tren sejak beberapa tahun lalu dan peminat dari nimo tv sudah sangat banyak terutama para pro player di berbagai jenis game dan tidak salah para pemuda sekarang lebih suka menonton live stream di nimo tv ini. Bahkan di nimo tv inilah live turnamen sering di adakan.


6. Buat Jadwal Konsisten.

Buat Jadwal Konsisten


Ini merupakan suatu kunci untuk anda yang ingin bekerja di bidang manapun, termasuk seorang streamer yang ingin sukses. Disini anda harus membuat jadwal streaming sendiri dan usahakan kegiatan itu tidak mengganggu kegiatan lain. Saat anda sudah menentukan jadwal streamer maka anda harus melakukannya dengan konsisten. 

Saat anda sudah memiliki jadwal yang konsisten, maka anda akan dengan mudah untuk mendapatkan penonton yang banyak. Ini karena konsisten juga bisa menunjukan tingkat keseriusan anda, dan tidak sedikit pula streamer yang tidak laku karena mereka kurang konsisten dalam melakukan streamer.


7. Buat Ciri Khas yang Unik.

Buat Ciri Khas yang Unik.


Semua orang memiliki ciri khas tersendiri dan ciri khas keunikan yang anda miliki ini bisa membuat orang-orang tertarik dengan anda. Maka dari itu manfaatkan hal ini saat anda sedang melakukan live stream. Karena tidak semua gamer bisa menjdi seorang streamer, oleh karena itu anda bisa mencoba cari satu hal yang unik dari dalam diri anda dan manfaatkan itu dengan sebaik-baiknya.

Misalkan anda bermain game moba dan menguasai salah satu hero atau anda merupakan orang yang pintar melawak atau berbicara, dan lain sebagainya. Maka semakin unik karakter anda, smakin besar juga kemungkinan untuk menjadi seorang streamer yang sukses.


8. Promosikan Live Stream Anda.

Promosikan Live Stream Anda.


Tips ini sama seperti event-event di perusahaan lain, yang dimana anda juga bisa mempromosikan live stream anda Karena promosi ini juga merupakan hal yang paling penting. Anda bisa mempromosikan live stream anda di berbagai sosmed sperti Instargram, whatsap, dan di platfoorm-platform yang lainnya dan anggaplah live stream anda sebagai konferensi web yang paling bergengsi. Pilihlah topik yang anda rasa bisa mengundang banyak orang untuk menonton. Undanglah pembicaraan yang bagus di topik tersebut dan tentunya yang bisa menarik perhatian para audience anda. Dengan mengundang pembicara yang baik, anda bisa memberikan nilai yang lebih untuk mereka para penonton. Dan anda juga tidak salah untuk melakukan digital advertising melalui sosmed untuk mencari peserta sebanyak-banyaknya dengan mempromosikan topik dan siapa saja pembicara yang akan hadir. Dan lebih baik pembicara yang anda undang itu merupakan seorang pro player dan sedang naik daun. Dengan ini tentu saja penonton anda akan menjadi semakin banyak.


9. Mulai Streaming.

Mulai Streaming.


Tips yang terakhir setelah anda melakukan tips-tips di atas, maka anda sudah siap untuk memulai live stream game anda. Dan anda harus membuat jadwal rutin supaya para penonton anda tahu kapan waktu anda melangsungkan live stream tersebut. Dan jika anda melakukan live secara konsisten maka anda bisa membentuk sebuah grup atau komunitas dan para penggemar yang akan mendukung anda untuk menjadi seorang live stream game terkenal. Maka dari itu anda harus bekerja keras untuk bisa mencapai itu semua, karena setiap perjalanan untuk mencapai kesuksesan itu tidaklah mudah.


Nahhh, itu merupakan 9 tips untuk anda yang ingin menjadi seorang streamer profesional, jika anda tetap ingin menjadi seorang streamer game, maka anda harus melakukan semua tips di atas dan kunci untuk menjadi seorang streamer sukses adalah kerja keras dan kerja cerdas, karena hasil yang anda dapatkan nanti itu tergantung dengan usaha anda.