6 Instrumen Investasi Jangka Panjang. Terbaru di Tahun 2021

6 Instrumen Investasi Jangka Panjang. Terbaru di Tahun 2021,- Sekarang sudah banyak orang yang menyadari 

Instrumen Investasi Jangka Panjang.


bahwa investasi itu merupakan hal yang penting untuk di lakukan karena selain bisa menghasilkan uang dengan mudah, invesatasi juga bisa membuat anda kaya dan otomatis masa depan anda terjamin. 


Pada dasarnya investasi di bagi menjadi dua instrumen yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.


Untuk investasi jangka panjang biasanya di pilih para investor yang ingin uangnya terus mengalami kenaikan atau keuntungan di masa depan dan orang yang melakukan investasi jangka panjang ini bertujuan untuk menjamin masa depan mereka menjadi lebih cerah. Agar di masa pensiun nanti mereka bisa santai tanpa memikirkan pemasukan mereka lagi karena sudah memiliki investasi jangka panjang yang sudah menjamin,


Tapi investasi jangka panjang ini membutuhkan strategi yang matang apalagi Tentang konsistensi. Itu bukanlah hal yang mudah untuk terus menetap melakukan investasi dengan waktu yang lama karena banyak orang yang tidak sabaran dan juga membutuhkan uang.


Memang benar jika di lihat dari waktu investasi jangka panjang ini tergolong lama yaitu lebih dari 5 tahun dan oleh sebab itu berinvestasi jangka panjang harus anda lakukan sedini mungkin, agar keuntungan yang di dapatkan menjadi semakin banyak.


Tapi sebagai investor anda harus berhati-hati karena di setiap investasi pasti memiliki Risiko yang dapat merugikan anda dalam sekala besar ataupun kecil, karena risiko di setiap instrumen investasi itu berbeda-beda.


Jadi berikut ini adalah 6 instrumen investasi jangka panjang yang bisa anda gunakan dan tentunya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK):



1. Emas.

Emas.


Dimana-mana kalau sudah mengenal yang namanya investasi pasti tidak luput yang namanya investasi ini, karena investasi emas adalah instrumen investasi yang menguntungkan dan paling minim dengan yang namanya risiko.


Emas juga memiliki nilai mata uang yang stabil dan terus meningkat di pasaran, maka dari itu, instrumen ini menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang paling aman. 


Selain aman berinvestasi emas juga bisa di katakan cukup mudah karena anda hanya perlu membeli emas dari toko terpercaya kemudian anda tinggal menyimpannya dengan baik di rumah.


Tapi hati-hati sekarang banyak oknum yang menawarkan emas palsu, maka dari itu anda harus teliti saat membeli emas dari toko dan pastikan emas itu memiliki nota khusus dan toko tempat anda membelinya juga harus yang terpercaya. 


Sebaiknya belilah emas yang berjenis batangan/logam mulia karena ini memiliki nilai mata uang yang terus naik dibandingkan dengan emas yang berbentuk perhiasan yang dimana emas perhiasan memiliki banyak potongan biaya seperti biaya pembuatan motif/model, biaya karat dan biaya lain-lain, sehingga nilainya akan menetap dan jika naik itu tidak akan terlalu tinggi berbeda jauh dengan emas batangan/logam mulia.



2. Saham.

Saham.


Saham merupakan salah satu investasi jangka panjang yang paling menarik, dengan harga barang yang naik tinggi: harga barang naik adalah kunci untuk meraih profit yang besar namun kadang barang tersebut juga turun dengan sangat derastis sehingga instrumen investasi ini kerap di jauhi oleh investor pemula, dan saham memiliki risiko yang lebih besar dari investasi yang lain, tapi dengan tips yang tepat anda bisa menggunakan saham menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. 


Untuk anda yang ingin melakukan investasi saham ini anda harus mengikuti sentimen pasar, dengan tetap memperbarui pengetahuan tentang ekonomi yang mempengaruhi harga, bertindak cepat jika ada berita yang penting dan tentu saja gunakan stop loss (SL)



3. Properti.

Properti.


Investasi properti juga menarik dan menguntungkan untuk anda jalani, baik itu investasi tanah maupun bangunan, dan investasi ini sudah banyak diminat oleh para investor.


Menggunakan instrumen ini memang menguntungkan untuk masa depan anda karena harga tanah akan meningkat di setiap tahunnya. Contohnya: harga tanah yang anda beli dari 2 tahun lalu seharga Rp 500.000.000, dan sekarang ada invostor baru yang ingin membeli tanah anda seharga Rp 700.000.000. dari sini anda sudah melihat keuntungan yang besar dari tanah tersebut dan rata-rata jika anda hitung, nilai investasi properti meningkat hingga 20% di setiap tahunnya.


Namun sayang, investasi ini kurang di minati oleh anak muda karena menggunakan modal yang tinggi, yang dimana harga sebuah properti bisa mencapai ratusan juta bahkan sampai miliyaran, apalagi jika lokasi properti itu di wilayah kota.


Tapi walaupun memiliki harga yang sangat mahal, tentu saja keuntungan yang akan di dapatkan akan sangat besar.


Dan ada 2 jenis properti yang bisa anda jalani yaitu:


1. Properti Komersial: menyewakan ruko, hotel, apartemen dan lain sebagainya


2. Properti Residential: menyewakan peroperti hunian seperti rumah, kontrakan, atau kos-kosan.

Disini anda bisa memilih apa yang anda lakukan dengan investasi properti anda entah itu di jual, di sewakan atapun di upgrade dan pastikan itu akan memberikan keuntungan untuk anda.


4. Reksa Dana Saham.

Reksa Dana Saham.


Di dunia investasi reksa dana saham merupakan salah satu jenis investasi yang lumayan banyak di minati oleh masyarakat karena return yang di anggap menjanjikan. Walaupun di dalam investasi di kenal yang namanya prinsip high risk dan high terurn, resiko dari reksa dana saham terbilang tinggi namun begitu juga dengan keuntungannya yang semakin tinggi pula.


Resiko dari reksa dana saham ini lebih tinggi di bandingkan dengan jenis reksa dana lain seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran. Namun untuk anda yang terbiasa dengan risiko reksadana saham tentunya mempunyai cara tersendiri untuk terhindar dari kerugian. dan jika anda seorang pemula maka anda harus sering-sering bertanya dengan para senior yang menggunakan instrumen investasi reksa dana saham.


Cara kerja dari reksa dana saham ini sangat berbeda dengan bermain saham biasanya. Dimana investor reksa dana saham tidak perlu turun tangan untuk mengamati fluktuasi harga saham. Semua itu sudah di lakukan oleh manajer investasi (MI), tapi sebelum anda memutuskan untuk memilih instrumen reksa dana saham sebaiknya anda harus mengetahui perinsip dari reksa dana saham.


5. Obligasi.

Obligasi


Obligasi juga bisa menjadi instrumen investasi jangka panjang yang patut di pertimbangkan. Yang dimana obligasi ini merupakan surat urang yang di terbitkan dari koperasi, perorangan, atau pemerintah. Dalam Investasi ini , biasanya tercatat bunga dan keuntungan yang akan didapatkan dalam jangka waktu tertentu. Pembeliannya hanya bisa di lakukan ketika ada penawaran terbuka.


Waktu jatuh tempo obligasi dapat mulai dari 1 sampai 10 tahun. Keuntungan yang bisa anda dapatkan, yaitu pendapatan tetap dari produk investasi yang dimiliki.


Ada dua jenis obligasi yang bisa anda pilih yaitu obligasi yang di keluarkan oleh perusahaan dan dari pemerintah. Biasanya imbalan hasil yang bisa anda dapatkan mencapai 6% pertahun, dan di kurangi pajak sebesar 15%.


Untuk obligasi yang sampai 10 tahun, Pilhlah yang di keluarkan oleh pemerintah karena ini sudah terjamin keamanannya. Karena pemerintah selalu memiliki kas cadangan untuk membayar utangnya.


tapi ingat anda harus berhati-hati jika memilih surat hutang yang di keluarkan oleh koprasi ataupun perorangan karena mungkin saja suatu hari koprasi tersebut bangkrut dan tutup sehingga anda tidak bisa mengambil uang anda kembali dan begitu juga dengan perorangan.



6. Tabungan berjangka.

Tabungan berjangka.


Untuk anda seorang pemula, tabungan berjangka juga bisa anda jadikan investasi jangka panjang yang pas. Tapi bedakanlah tabungan berjangka dengan tabungan biasa anda. Di sistem tabungn berjangka seperti ini anda diminta untuk menabung secara rutin dalam periode waktu yang telah di setujui sebelumnya.


Tabungan berjangka tentu saja memiliki keuntungan yaitu dimana nilai bunga dari tabungn ini lebih besar dari tabungn biasa. Tabungan ini cocok untuk anda yang akan memerlukan dana khusus seperti dana pensiun dan dana pendidikan anak atau cucu anda, dan di dalam penarikan tabungan ini tidak bisa sembarangan karena sudah tertera aturan khusus yang sudah di sepakati sebelumnya. Jadi dana anda benar-benar di investasikan dan hanya bisa di tarik di waktu tertentu saja.


Nahhh itulah 6 instrumen investasi berjangka panjang yang cocok untuk anda seorang pemula. jadi segeralah memulai untuk berinvestasi karena ini akan menjamin masa depan anda menjadi lebih baik. Namun Ingat anda jangan pernah melakukan investasi jika ekonomi anda sudah sulit karena memang investasi ini bisa sangat menjamin jika investasi yang anda lakukan ini profit, namun ini akan menjadi petaka jika investasi anda gagal, karena anda bisa jadi bangkrut. Maka dari itu pikirkan dulu sebelum memulai investasi.