15 Tips Jadi Youtuber Untuk Pemula Dijamin Bikin Sukses, dan Terbaru Di Tahun 2021

15 Tips Jadi Youtuber Untuk Pemula Dijamin Bikin Sukses, dan Terbaru Di Tahun 2021,- Di era digital seperti ini menjadi youtuber merupakan profesi populer yang sangat di idamkan oleh semua kalangan masyarakat. 

15 tips jadi youtuber

Ingin tahu tips memilih ide konten youtube bagus? klik disini: https://youtu.be/OcT5rbcGSYQ

Tidak sedikit orang-orang yang berhasil menjadi youtuber karena unsur ketidak sengajaan. Maka dari itu profesi menjadi seorang youtuber ini didambakan oleh banyak orang.

Selain menjadi terkenal mereka juga mendapat penghasilan yang fantastis. Sebenarnya menggeluti profesi menjadi youtuber ini cukup mudah, namun ini semua harus di lakukan sesuai dengan langkah, dan tentu saja menjadi content creator youtube ini tentu harus di sertai dengan ketekunan dan persiapan yang sudah matang, apalagi jika anda menggunakan profesi youtuber ini menjadi pekerjaan utama anda.

Membahas tentang youtuber, pasti anda memikirkan gaji yang sangat besar bukan??. Bagaimana tidak seorang yotuber bisa mengantongi hingga puluhan miliyar di setiap bulannya. Contohnya seperti: atta halilintar dan ria ricis mereka sudah di juluki sebagai king and queen of youtube asia, dan mereka telah mendapatkan penghasilan lebih dari 20 miliyar di setiap bulannya. Maka tidak salah mereka menjadi sangat terkenal di daerah asia, sehingga inilah yang menjadi motivasi bagi kalangan masayarakat. Namun anda jangan melihat dari penghasilannya saja tapi anda harus melihat bagaimana mereka berjuang dan yang paling penting adalah peranan orang tua untuk mereka yang sudah sukses menjadi youtuber.

Jika anda tertarik untuk menjadi seorang youtuber maka berikut adalah 15 tips yang harus anda jalani agar bisa menjadi seorang youtuber sukses: 


1. Buat Channel YouTube.

buat chanel youtube


Tentu saja dalam mendaftar di semua aplikasi harus membuat akun Gmail terlebih dahulu, apalagi membuat youtube. Disana anda jangan lupa untuk  menggunakan nama youtube yang kreatif dan unik. seperti atta halilintar, rans entertainment, dan masih banyak lagi nama yang unik dan mudah untuk di ingat. Mengapa begitu? Karena hal ini akan membuat chanel anda menjadi lebih menarik dan mudah untuk di ingat oleh orang-orang. Jika anda kesulitan untuk membuat nama yang menarik dan mudah untuk di ingat anda bisa menggunakan nama anda sendiri untuk sementara.

Namun, tidak hanya itu. Anda harus bisa membangun channel YouTube yang unik, salah satu tipsnya yaitu menemukan keahlian yang kamu miliki tapi tidak dimiliki oleh orang lain.


2. Buat Google AdSense.

google ads

Selanjutnya ini merupakan sumber penghasilan dari youtube anda, yang dimana anda harus membuat akun google AdSense terlebih dahulu, setelah membuatnya anda bisa menghubungkan akun google Adsense dengan akun Youtube milik anda dan lebih baik anda menggunakan email yang sama agar lebih mudah untuk melakukannya. Namun jika ingin menikmati penghasilan anda harus memenuhi syarat monetisasi Youtube baru nantinya anda akan bisa menikmati penghasilan dari youtube tersebut.


3. Tentukan Tema.

tentukan tema


Setelah membuat akun dan anda sudah yakin ingin menjadi youtuber maka ini merupakan langkah selanjutnya, yang dimana ada berbagai macam tema konten yang bisa anda jadikan sebagai pilihan, contohnya seperti game, mukbang, vlog, musik dan masih banyak lagi yang bisa anda jadikan sebagai konten sampai kehidupan sehari-haripun bisa anda gunakan sebagai konten anda, asalkan itu menarik dan menghibur para penonton.

Mengisi akun youtube dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat akan membuat banyak orang mengunjungi video yang anda unggah. Ini tentunya akan memberikan berpengaruh baik karena akun anda akan jadi semakin di kenal oleh banyak orang. Dan lebih bagus lagi jika anda membuat konten yang anda sukai dan yang anda kuasai, supaya saat membuat video ini akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk anda jalani.


4. Tentukan Jenis Sukses yang di Inginkan.

tentukan jenis sukses


Selanjutnya anda bisa menggunakan tips ini, karena ini akan membuat anda fokus dengan apa yang ingin anda capai. Dengan begitu, hal-hal yang mengganggu prioritas langkah anda bisa anda abaikan, dan ada 3 jenis kesuksesan pokok sebagai seorang youtuber yaitu:

Engagement, yang dimana video yang anda unggah mendapatkan banyak like, coment dan share oleh para penonton.

Jumlah subscribe, yang dimana anda memiliki banyak orang yang mengsubscribe chanel anda karena konten yang anda share menarik dan unik.

monetisasi, Yang dimana ini merupakan hal paling penting supaya youtube anda bisa menghasilkan cuan.

Disini anda harus memenuhi ke 3 jenis kesuksesan pokok tersebut maka peluang besar untuk menjadi youtuber terkenal akan bisa anda capai.


5. Siapkan Peralatan.

siapkan peralatan


Tips selanjutnya anda harus menyiapkan semua peralatan untuk membuat konten. hal inilah  yang biasanya membuat para youtuber untuk berfikir 2 kali dalam melakoni profesi ini. Tidak sedikit orang-orang berfikir untuk membuat konten harus menggunakan alat-alat yang yang canggih supaya hasil video terlihat semakin menarik.

Namun yang sebenarnya untuk memulai dalam membuat konten anda tidak perlu menggunakan alat yang canggih, cukup menggunakan alat-alat sederhana saja anda sudah bisa memulainya dengan membuat konten kecil-kecilan menggunakan ponsel anda. Lalu, anda bisa belajar secara otodidak tentang cara mengedit video supaya konten anda bisa terlihat lebih menarik.

Jika anda telusuri banyak sekali youtuber sukses yang berawal hanya menggunakan alat yang sederhana, seperti kamera sederhana, hp, dan laptop biasa. Hal ini sama sekali tidak di permasalahkan kalau konten anda benar-benar menarik dan menghibur. Tapi kalau anda sudah mulai lancar dalam membuat konten maka anda bisa memikirkan alat yang lebih baik lagi, namun ingat anda harus konsisten dengan kebutuhan anda. Karena memang supaya bisa menarik objek banyak orang, konten video yang bermanfaat menjadi hal yang paling utama di profesi youtube ini.

Dan yang harus di ingat dalam membuat konten anda tidak selalu menggunakan yang namanya kamera, karena ada banyak pilihan jenis konten yang tidak menggunakan kamera dan tentunya sangat bisa anda gunakan.

Jika anda ingin tahu apa saja jenis konten tanpa kamera itu klik disini: https://youtu.be/OcT5rbcGSYQ


6. Tentukan Tipe Konten.

tentukan tipe konten


Selanjutnya anda harus menerapkan tips ini. Karena tidak sedikit para calon youtuber yang bingung dalam menentukan tipe konten mereka. Maka dari itu lebih baik anda tetap fokus pada satu tipe konten saja, karena ini akan membuat anda menjadi lebih mudah untuk mengengembangkan chanel tersebut. Para penonton juga akan melihat anda sepagai spesialis dari suatu tipe konten, sehingga saat penonton mencari tentang suatu konten maka chanel andalah yang pertama mereka cari atau menjadi rekomendasi dengan reputasi yang sudah diakui. dan ada beberapa tipe konten yang bisa anda buat yaitu:


- Educate, yang berarti berbagi suatu pengetahuan dengan penonton yang bisa meningkatkan kesadaran dan pemahaman mereka akan suatu hal yang bermanfaat.


- Evince, yaitu tipe yang bertujuan untuk membuat penonton menjadi terdorong untuk melakukan sesuatu, entah itu pembelian, tantangan, berlangganan, dan masih banyak lagi yang lainnya supaya para pnonton menjadi terhibur.


- Entertain, yaitu tipe yang hampir sama dengan evince namun di entertain ini hanya berfokus untuk membuat penonton terhibur dengan konten yang di buat, namun tidak menerima tantangan dari para penonton, dan tipe yang satu ini biasanya paling banyak di bagikan. 


Disini sebaiknya anda tetap fokus dengan satu tipe konten. Karena selain mudah dalam mengembangkan chanel, ini juga akan membantu anda dalam membentuk tujuan yang kuat. Hal ini sangat penting karena akan membuat penonton melihat anda sebagai spesialis dalam chanel tersebut.


7. Mulai Membuat Konten.

mulai membuat konten


Ini adalah tips selanjutnya yang tentu saja umum bagi semua konten kreator youtube. Setelah anda mempersiapkan semua konsep dan perangkat yang telah di butuhkan, maka anda bisa memulai proses pembuatan konten anda. Untuk pemula anda bisa melakukannya sendirian saja.

Tapi, semua kegiatan akan lebih mudah di lakukan jika anda bisa mengajak teman anda untuk membuat konten. Selain memudahkan pekerjaan, ide yang baru juga akan muncul dari setiap individu, sehingga membuat konten video lebih menarik, dan dalam mengajak teman ini, anda harus memastikan bahwa orang-orang yang anda pilih itu sudah tepat dan bisa di ajak kerja sama. Karena kerja sama timlah yang bisa menentukan keberhasilan anda dalam menggunakan akun youtube. Agar efektif, anda bisa membagi tugas misalkan menjadi editor, kameramen, audioman dan masih banyak lagi yang butuhkan.


8. Share di Medsos.

sahre medsos


Menjadi seorang youtuber pemula, Konten yang sudah anda buat dan share ke youtube belum tentu akan langsung di tonton oleh orang-orang. Nahhh, dengan ini jika anda menginginkan penonton yang banyak anda bisa share konten anda di berbagai media sosial seperti: instagram, facebook, Twiter dan masih banyak lagi platform online yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan konten anda.

Dengan mempromosikan konten anda di media sosial maka teman-teman anda akan penasaran dan membuka link yang anda bagikan, dan jika teman anda tertarik maka anda bisa mendapatkan banyak subscriber tambahan dan ini sangat bermanfaat untuk anda.


9. Buat Deskripsi Singkat, Tepat, dan Menarik.

Deskripsi Singkat, Tepat, dan Menarik


Sekerdar anda ketahui bahwa youtube telah membatasi ruang di kolom deskripsi hanya sampai 1000 karakter. Jadi disini anda harus memaksimalkan kapasitas yang ada untuk meracik deskripsi terbaik bagi anda.

Dan tips terbaik untuk anda ketika ingin membuat deskripsi yaitu dengan cara memasukan beberapa kata kunci yang relevan dengan konten di baris pembuka deskripsi atau di 100-150 karakter pertama.


10. Skill Editing Video.

Skill Editing Video.


Tips selanjutnya untuk menjadi konten kreator youtube, anda juga harus memiliki kemampuan editing video. Hal ini memang akan membuat visual dari video anda akan semakin bagus dan menarik untuk di lihat orang. 

Sebenarnya kemampuan dalam editing untuk pemula itu tidak di perlukan yang visual dan animasi super, yaaa, namanya juga pemula dan mengingat peralatan yang di sediakan minim jadi anda bisa memaksimalkan peralatan anda dengan mencari tutorial untuk mengedit video menggunakan laptop ataupun ponsel anda dan anda harus mempelajarinya dengan teliti. Rajin belajar dan yakin bahwa nantinya akan sukses ini menjadi kunci untuk anda dalam melakukan pekerjaan apapun.


11. Tentukan Target

Tentukan Target


Tips ini harus anda lakukan agar anda bisa jadi lebih konsisten dalam menjalankan suatu chanel anda. Karena anda tidak salah jika ingin membuat suatu target untuk penyemangat anda. Dan jenis target ini tentu saja beraneka jenis entah itu target subscribe, viewers, like, dan lain sebagainya yang bisa membuat chanel anda menjadi semangin besar dan berkembang.

Ini sangat di tekomendasikan karena semua youtuber yang telah sukses mereka memiliki target di setiap bulannya dan kebanyakan dari mereka memiliki target dengan jumlah pendapatan dari chanel mereka. Misalkan bulan ini mereka mendapatkan 100 jt maka di bulan depan mereka memiliki target 150 jt, dan begitu juga seterusnya. Untuk anda yang merupakan seorang pemula, mencari targer untuk subscribe saja sudah cukup


12. Kolaborasi Dengan Para Kreator.

Kolaborasi Dengan Para Kreator.


Tips kali ini sudah banyak sekali di lakukan oleh para youtuber, dengan kolaborasi atar youtuber sangat penting untuk di lakukan supaya chanel anda menjadi semakin populer. Para youtuber sudah membuktikan bahwa kolaborasi di antara pembuat konten sudah terbukti efektif dalam membantu sebuah chanel untuk tumbuh dan mendapatkan lebih banyak subscriber baru karena akan membantu antar pembuat konten mendapatkan eksposur dengan basis subscriber berbeda.

Disini anda jangan takut atau malu untuk berkolaborasi dengan pembuat konten lain, berusahalah untuk berorganisasi dan janganlah anda menyombangkan diri jika anda terjun ke dunia youtuber ini, karena dengan rendah hati dan sabar anda akan lebih mudah untuk berkolaborasi dengan para pembuat konten dan disana anda juga akan mendapatkan motivasi supaya anda bisa mengembangkan chanel menjadi lebih baik.


13. Konsisten Dalam Mengunggah Konten.

Konsisten


Selanjutnya dengan mengunnggah konten anda secara konsisten ini sangat penting untuk di lakukan, karena semakin sering anda mengunggah video maka semakin sering juga akun chanel anda akan muncul di beranda. Apalagi bagi orang-orang yang sudah pernah menonton video yang sudah anda unggah sebelumnya.

Walaupun konten yang anda buat tidak terlalu menarik perhatian, tapi akan ada saja orang yang penasaran dan mengklik video yang anda buat. Maka dengan konsistensi unggahan anda menjadikan jumlah pengunjung menjadi bertambah dengan sendirinya, karena mereka akan mengapresiasi usaha yang telah anda lakukan dalam pembuatan konten, jadi anda harus terus melakukan hal ini.


14. Speaking.

Speaking.


Jika ingin menjadi seorang youtuber anda juga harus memiliki kelihaian berbicara di depan umum. Namun, jika anda belum terbiasa tampil di depan kamera anda bisa melatih diri dengan berbicara di depan cermin sambil mengoreksi kesalahan apa yang telah anda lakukan dalam berbicara. Misalkan, raut wajah atau ekspresi anda masih terlihat jutek bahkan kaku atau cara berbicara anda yang terlalu cepat ataupun bahasa kalian yang masih terbata-bata. Jika anda terus melakukan latihan dengan metode ini maka dengan perlahan anda akan memiliki kemampuan speaking dengan baik dan ini akan semakin terasah dan nantinya anda tidak akan merasa canggung dalam berbicara.


15. Thumbnail dan Metadata Menarik.

thubnail dan metadata


Ini adalah tips yang juga sangat penting. Dimana thumbnail merupakan cover dari video yang akan di lihat pertama kali oleh penonton. Jadi saat anda menggunggah video anda harus membuat thumbnail yang semenarik dan seunik mungkin, supaya para penonton menjadi penasaran dan akhirnya mengklik video yang anda unggah. 

Tidak hanya thumbnail yang menarik, anda juga harus memperhatikan metadata dari video anda, metadata ini berupa deskripsi, judul, dan juga hastag yang anda cantumkan. Dengan mengisi semua metadata ini, video yang telah anda unggah akan menjadi lebih mudah untuk dicari oleh penonton, dan tentunya subscriber anda akan menjadi semakin banyak.


Nahhh, itu adalah 15 tips untuk anda yang ingin menjadi seorang youtuber. Jika anda sudah mempersiapkan alat-alat dan sudah yakin akan terjun ke dunia peryoutuban ini, maka anda harus menggunakan 15 tips tadi untuk mencapai keberhasilan dan ingat anda jangan pernah putus asa walaupun banyak orang yang meremehkan anda dan ingat juga anda harus terus bersemangat karena semua kerja keras anda pasti akan terbayarkan nantinya.