13 Tips and Trik Jadi Influencer Media Sosial. Terbaru Tahun 2021

13 Tips and Trik Jadi Influencer Media Sosial. Terbaru Tahun 2021,- Di era digital seperti sekarang ini, sudah semua orang memiliki yang namanya akun media sosial. 

Tips Menjadi Influencer


Dimana mereka bebas untuk membagikan momen hidup mereka dengan video, foto, maupun tulisan, dan dari sini Tren menjadi influencer di media sosial seperti Instagram, YouTube, dan di platform baru yang bernama tiktok, sudah bukan hal yang baru lagi. Dengan menjadi seorang influencer mereka bisa menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah di setiap bulannya.

Dengan penghasilan seperti itu siapa orang yang tidak ingin melakoni profesi ini, selain mendapatkan uang, anda juga akan di kenal oleh banyak orang, dan influencer ini bekerja hanya dengan mempromosikan sebuah produk, namun tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan ini karena menjadi seorang influencer memiliki syarat yang cukup rumit untuk di lakukan. 

jika anda tertarik dan ingin mencoba pekerjaan ini anda bisa mengikuti 13 tips berikut untuk menjadi seorang influencer:


1. Sesuaikan Dengan Minat.

Sesuaikan Dengan Minat.


Ini merupakan kal yang paling utama jika ingin menjadi influencer, yang dimana anda harus mencari sesuatu yang sangat anda sukai atau anda minati. Anda harus melakukan riset dan membuat konsep tentang konten yang akan anda bagikan. Jika anda tetap memaksakan menjadi influencer namun tidak sesuai dengan minat anda, maka ini hanya akan menghambat dan menyusahkan anda di kemudian hari, karena semua bidang memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan tersendiri. Bagaimanapun aneh dan jadul minat anda lakukan saja karena itu adalah hidup anda dan jangan memaksakan diri untuk mengikuti keinginan dari orang lain.

Karena banyak orang yang terpengaruh dengan orang lain dan membuat konten berbeda dengan minatnya, namun dia tetap mencoba untuk mengikuti dan ujung-ujungnya gagal. Maka dari itu anda harus meriset dan jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskan hal ini dan ada baiknya jika anda melihat pengalaman anda ke belakang. Semakin banyak pengalaman anda maka akan semakin banyak juga pengetahuan yang anda miliki tentang hal tersebut.


2.  Gunakan Akun Bisnis.

Gunakan Akun Bisnis.


Tips selanjutnya anda bisa menjadikan akun anda yang awalnya personal menjadi akun bisnis. Dengan menggunakan akun bisnis ini anda bisa melihat aktivitas anda dari para pengunjung dan anda juga bisa melihat perkembangan dari akun anda, hal ini sangat cocok sebagai materi analisa untuk konten anda selanjutnya.

Dengan akun bisnis para folowers juga bisa dengan mudah untuk mengikuti akun anda karena kebanyakan orang ketika melihat seorang influencer dengan berapapun jumlah folowrs jika akunnya di privat maka niat mereka untuk mengikutinya akan hilang, karena mereka harus menunggu untuk di konfirmasi terlebih dahulu dan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena biasanya para influencer itu memiliki ratusan followers baru di setiap harinya dan jika anda menjadi influencer maka ini akan menyusahkan anda dalam mengkonfirmasi para followers baru tersebut. Maka dari itu dengan menggunakan akun bisnis akan memudahkan itu semua.


3. Rapikan Feeds Medsos.

Rapikan Feeds Medsos.


Jika anda sudah memfokuskan diri untuk menjadi seorang influencer di instagram atau media sosial lainnya, maka anda jangan lupa untuk merapikan feeds anda, dan platform medsos andalan bagi para influencer adalah instagram yang dimana instagram ini memiliki template feeds kotak yang bagus dan disini salah satu cara sukses untuk menjadi seorang influencer adalah menata feeds anda dengan rapi agar feeds anda bisa menarik pengguna lain saat melihatnya.

cara merapikan feeds ini bisa anda lakukan dengan menyesuaikan warna foto yang sama antara foto satu dan foto yang lainnya, tidak terlhat berantakan, dan memiliki kompisisi foto yang baik. Anda bisa mulai belajar platform editing seperti Adobe Light Room, VSCO yang sering di gunakan oleh orang-orang. Kemudian anda juga bisa mengunggah foto yang berkaitan atau memiliki tema yang sama seperti traveller, maka anda bisa mengunggah foto yang berkaitan dengan hal-hal traveler. 

Sekarang sudah banyak influencers yang sudah mempunyai moodboard untuk membantu mereka dalam mengatur feeda instagram, dan disini anda harus memastikan bahwa feeds anda tidak sepenuhnya berisi foto anda namun anda harus memvariasikannya dengan hal lain agar pas dengan brand yang anda jalani. Ingat anda jangan tiba-tiba meng-upload foto yang sama sekali tidak berkaitan dalam feeds anda saat sedang membangun branding. Jika itu anda lakukan maka para folowers anda akan menghilang dengan perlahan karena mereka sudah tidak tertarik lagi dengan feeds anda yang campuran.


4. Upload Konten Berbeda.

Upload Konten Berbeda.


Meng-Upload konten secara konsisten memang menjadi pokok utama untuk menjadi influencer, namun tidak berarti semua konten yang telah di upload harus sama. Anda bisa mencoba untuk keluar dari zona nyaman anda selama fto atau video yang anda upload itu masih sejalan dengan brand anda. contohnya: seperti anda mempunyai brand tentang fashion atau food. Maka anda bisa sesekali meng-Upload fto yang lain seperti saat anda camping di hutan, gunung, maupun sungai namun disana anda harus tetap terlihan fashionable dan membawa food yang kalian akan promosikan. Maka dengan ini para penonton atau folowers anda tidak akan cepat bosan.

Namun yang harus anda ingat, anda jangan memaksakan diri untuk terlihat kece maupun banyak makanan, tapi saat menjadi influencer anda jangan memaksakan diri untuk memakan food yang anda tidak sukai dan anda alergi dengan food tersebut disni anda harus menjadi diri anda seutuhnya dan begitu juga dengan fashion, anda jangan menggunakan fashion yang tidak sesuai dengan keinginan anda atau fashion tersebut tidak sesuai dengan kriteria anda dan Ingat anda harus tetap menjadi diri anda sendiri.


5.  Berbagi Ilmu.

Berbagi Ilmu.


Saat anda sudah menjadi seorang influencer pastinya anda ingin mengundang para audiens untuk mengunjungi dan memfollow profil anda. Namun menjadi seorang influencer ini, anda tidak hanya memamerkan apa yang anda sukai saja, tapi anda juga harus membagikan cerita menarik dan juga ilmu yang bermanfaat  bagi para audiens.

Contohnya: Anda gemar berolahraga dan juga memiliki tubuh yang atletis. Disini anda sebagai seorang influencer bisa membagikan rahasia seputaran olah raga, supaya tubuh mereka bisa menjadi atletis seperti tubuh yang anda miliki, dengan membuat video atau foto cara berolah raga yang baik dan benar. Disini anda harus membagikan video atau foto anda semenarik mungkin dan sekaranglah saatnya untuk anda belajar untuk melakukan editing.


6. Mengatur Waktu Upload.

Mengatur Waktu Upload


Dalam platform medsos apapun, pasti ada waktu tertentu saat tingkat engagement meningkat dengan tajam dan orang-orang yang memfolow anda, karena mereka berharap bahwa konten  yang anda posting bisa merka nikmati secara berkala dan sesering mungkin jika bisa. Maka dari itu  salah satu cara menjadi influencer ini adalah mengatur jadwal postingan konten yang paling menguntungkan.

Anda harus menghindari meng-upload konten anda di tengah malam, karena sudah pasti postingan anda akan tenggelam di antara postingan yang lainnya. Maka dari itu agar hasil postingan anda bisa lebih optimal, anda bisa mengevaluasi dari statistik yang telah di berikan dari fasilitas di akun bisnis, atau anda bisa memposting pada saat siang hari atau mendekati jam makan siang karena banyak orang yang sedang mengakses medsos pada saat itu, atau anda juga bisa mempostingnya pada saat malam hari sekitar jam 7-9 malam karena kemungkinan besar orang-orang yang sehabis pulang kerja lebih banyak mengakses medsos di jam tersebut.


7.  Gunakan Bio dan Profil Yang Mencirikhaskan Anda.

Gunakan Bio


Tips kali ini juga merupakan salah satu cara untuk menjadi seorang influencer, disini anda akan membutuhkan data pribadi dan anda bisa membuat bio serta profil yang semenarik mungkin. Karena kebanyakan orang cenderung mengenali profil medsos melalui visual. Maka dari itu anda harus menggambarkan apa yang anda sukai dan membagikannya dengan kata yang singkat di media sosial namun itu tetap harus memikat para audiens. Anda jangan melupakan untuk mencantumkan nama lengkap, lokasi dan kontak yang bisa di hubungi supaya orang-orang bisa dengan mudah menghubungi anda dan meminta mempromosikan produk mereka. Sebaiknya anda jangan terlalu sering untuk mengubah foto profil anda, supaya para audiens tidak mudah keliru dengan diri anda.


8. Memahami aturan Medsos.

Memahami aturan Medsos


Tips kali ini harus anda lakukan jika ingin menjadi influencer yang baik, yang dimana anda harus memahami aturan atau hukum yang terkait di suatu platform, Misalkan undang-undang tentang informasi dan Teransaksi Elektronik (UU ITE). Karena sudah ada banyak sekali kasus hukum akibat seseorang membuat konten medsos yang ternyata melanggar hukum yang telah di berlakukan.

Sebagai seorang infuencer yang sukses dan berkualitas tentu saja anda harus mengikuti aturan hukum yang telah di berlakukan. Maka dari itu, konten yang anda buat harus mengikuti aturan. Misalkan anda tidak di perbolehkan untuk membuat konten yang bisa mencemarkan nama baik seseorang, atau menjatuhkan suatu perusahaan jika perusahaan tersebut tidak ada masalah dengan anda, dan anda juga tidak di perbolehkan untuk menyebarkan hoax, menyebar SARA dan lain sebagainya yang bertujuan untuk memojokan orang atau perusahaan. Maka dari itu sebelum anda menjadi influencer anda harus memperhatikan hal tersebut.


9. Manfaatkan hashtags.

Manfaatkan hashtags.


Agar postingan anda menjadi lebih di pandang dan mudah di temukan oleh orang-orang, maka anda bisa menuliskan lebih dari 10 hastags. Anda harus menuliskan semua hastags di kolom komentar dan tidak hanya memakai hastag yang sudah populer di masyarakat, anda juga bisa membuat hastag pribadi yang bisa di ikuti oleh orang banyak. 


10. Selalu Update Tren Baru.

Selalu Update Tren Baru.


Tips kali ini anda jangan pernah malas untuk meriset tentang tren yang sedang beredar, Baik di indonesia maupun di mancanegara. Tren ini tidak hanya seputar tema konten di medsos saja, tapi juga di platform medsos baru yang langsung naik daun. Misalnya seperti tiktok, snack video dan beberapa platform baru yang sedang booming di sepanjang tahun ini dan telah menjadi hiburan bagi masyarakat. Tidak ada salahnya jika anda mengikuti tren yang ada agar anda juga bisa terus bermanfaat di mata publik.

Tips untuk anda yang sedang mencari tren yang memiliki kemungkinan akan booming di indonesia, anda bisa mencari tren yang terlebih dahulu viral di luar negeri, karena tren di indonesia biasanya akan telat beberapa minggu sampai beberapa bulan mendatang.

Contohnya di amerka sejak dulu podcast sudah menjadi tren karena bisnis radio di negara itu sudah mati, dan belum lama ini podcast sudah menjadi sebuah tren yang akhirnya semua influencer indonesia mencoba untuk membuat konten yang baru ini. Maka dari itu, tidak heran jika banyak brand yang akhirnya mencari perhatian untuk mendapatkan engagement tinggi.


11.  Interaksi dengan Pengguna Lain.

Interaksi dengan Pengguna Lain.


Tips kali ini di sarankan untuk anda agar jumlah followers dan audience yang menonton video anda menjadi semakin banyak, karena cara menjadi influencer ini tidak lepas dengan networking yang dimana anda perlu melakukan interaksi dengan pengguna lainnya agar mereka menjadi tertarik untuk melihat dan menjadi followers anda dengan cara menjawab sebisa mungkin komentar dari para followers agar engagement anda menjadi semakin meningkat dan anda juga bisa meminta saran dari followers melalui postingan di media sosial. Tidak hanya itu, menjadi seorang influencer yang memiliki followers cukup tinggi juga akan menaikan harga tawaran dari para pengiklan.

Namun untuk melakukan semua hal ini kepada ribuan pengguna, pastinya akan sulit untuk anda lakukan, maka dari itu sudah beberapa tahun ini terbit aplikasi yang berguna untuk mengatasi semua hal tersebut, contohnya seperti:  Selebgram dan Instagress. Dasarnya kedua aplikasi itu memiliki fungsi yang sama, yaitu, melakukan like dan Follow secara otomatis terhadap topik tertentu yang telah anda tentukan sebelumnya. Namun perbedaan aplikasi ini hanyalah bahasanya saja yang dimana selebgram ini memiliki akses bahasa indonesia sehingga, anda yang kurang mengerti dengan bahasa asing lebih mudah menggunakannya.

Tidak hanya itu, disini anda juga jangan malu atau gengsi untuk berkeenalan dengan influencer lain. Melalui pertemanan ini, anda memiliki kemungkinan besar untuk berkolaborasi dengan influencer lain agar followers anda menjadi semakin banyak, dan anda juga jangan pernah malas untuk membalas semua pertanyaan dari para followers.


12. Kerja Sama Dengan Brand.

Kerja Sama Dengan Brand.


Saat followers anda sudah mencapai 5 ribu, anda bisa mencoba untuk mencari beberapa brand yang mau bekerja sama dengan anda melalui sebuah post. Buat daftar brand yang anda sukai atau produknya memang sudah anda pakai sendiri, kemudian anda bisa menelusuri situs mereka untuk mencari tahu siapa orang-orang marketingnya. 

Biasanya orang yang berhubungan dengan produk edorsement di sebuah brand adalah orang-orang marketingm karena mereka sudah lihai dalam memasarkan produk dan mereka tahu lokasi mana saja yang cocok untuk mempromosikannya. Jadi disini bekerja sama dengan para brand akan membuat anda mendapatkan cuan yang menetap,


13.  Jangan Membeli Followers.

Jangan Membeli Followers.


Memiliki followers yang banyak memanglah impian dari setiap influencer, namun anda jangan pernah mengambil jalam pintas untuk mendapatkannya. Apalagi sekarang sudah banyak sekali pihak yang menawarkan jasa tambah followers berbayar. Yaa, tujuannya hanya satu yaitu, untuk mendapatkan jumlah followers yang instan. Walaupun ini terlihat sepele dan menggiurkan namun hal ini merupakan kesalahan yang bisa membuat anda terlihat seperti bukan influencer yang profesional, sebaiknya anda jangan melakukan hal tersebut karena nantinya perbedaan yang mencolok akan sangat terlihat antara jumlah followers dengan engagements yang anda dapatkan.

Hal ini tidak akan di sukai oleh para pengiklan karena tujuan utama mereka adalah mendapatkan engagements tinggi yang anda miliki, dan dengan rajin serta konsisten dalam membuat konten atau postingan. Ini merupakan cara untuk menambah jumlah pengikut di akun medsos anda atau anda juga bisa melakukan kerja sama dengan para influencer yang mempunyai jumlah followers lebih banyak. menggunakan hastag, membuat ads, dan masih banyak lagi cara yang bisa lakukan namun ingat anda jangan pernah melakukan hal yang namanya membeli followers jika ingin mendapatkan iklan yang banyak. Karena menjadi seorang influencer sukkses dan berkualitas tentunya sangat membutuhkan waktu dan kerja keras, hal ini sama dengan pilihan karier lainnya, dan tentu saja anda harus menggunakan kreativitas anda dan koneksi yang anda miliki untuk mengembangkan akun anda.



Nahhh, itu adalah 13 tips untuk anda yang ingin menjadi infulencer, dan ingat disini anda harus menjadi influencer yang berkelas dan juga jujur. Maka dari itu anda bisa menjadi influencer dengan mengikuti semua tips di atas dan dengan menjalani itu semua maka percayalah anda akan sukses kedepannya. Ingat juga anda harus bekerja keras dan tekun, So?! selamat berjuang.