12 Tips Menulis Artikel yang Baik, Menarik, Benar, Dan Bermanfaat, Terbaru Tahun 2021

12 Tips menulis Artikel yang Baik, Menarik, Benar, Dan Bermanfaat, Terbaru Tahun 2021,- Artikel merupakan suatu karangan faktual secara lengkap dan memiliki panjang tertentu

artikel

yang di buat untuk di publkasikan (melalui koran, majalah, buletin, dan lain sebagainya), dan membuat artikel ini bertujuan untuk menyampaikan fakta yang bisa meyakinkan, mendidik, dan menghibur. 

Semua orang berhak untuk menulis sebuah artikel untuk mengemukakan pendapat mereka terhadap suatu hal. Menulis artikel yang menarik dan berkualitas memanglah bukan hal yang mudah untuk di lakukan oleh semua orang. Maka dari itu anda perlu melatih diri, memiliki wawasan dan memiliki pandangan yang luas, sehingga bisa memunculkan ide-ide kreatif untuk di tuangkan pada kata-kata saat menulis suatu artikel.

Tak sedikit para penulis terutama bagi mereka yang merupakan pemula, mereka membuat sebuah tulisan berdasarkan dengan apa yang terlintas di pikiran mereka kemudian mereka posting di blog pribadi mereka dan beberapa orang yang melihat artikel dari pemula dan mereka tidak terlalu mempermasalahkan hal tetrsebut, namun ada juga orang yang merasa bahwa hal tersebut belum benar. 

Dan jika anda ingin membuat para pembaca menjadi tertarik untuk membaca artikel anda, maka anda harus memikirkan struktur artikel dan isi dari tulisan yang menarik serta berkualitas untuk untuk para pembaca dan usahakan anda membuat artikel yang berkualitas dan baik tentunya, informatif, dan edukatif sehingga bisa membuat para pengunjung blug terus meningkat di setiap harinya. 

Nahh disini Bukablog sudah menyediakan 12 tips untuk membuat arikel yang baik, menarik, benar dan tentunya bermanfaat untuk semua orang, sebagai berikut:


1. Mencari Ide.

Mencari Ide.


Ini nihh, hal pertama dan harus anda lakukan, yang dimana dalam membuat suatu tulisan artikel anda harus mencari ide yang cemerlang untuk konten anda. Anda harus berfikir tentang ide seperti apa yang bisa membuat artikel anda jadi lebih menarik untuk para pembaca, dan sebuah ide yang cemerlang akan muncul dimana dan kapanpun itu, bisa saat anda bersantai, membaca, melakukan hoby, menjelang tidur, baru bangun bahkan yang paling sering orang yaitu saat mereka berada di kamar mandi. Setiap ide yang muncul ini sangatlah berharga, dan anda harus mencatat ide-ide tersebut dimanapun.


2.  Tentukan Tema.

Tentukan Tema.


Anda harus menentukan tema yang sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda harus mengusahakan untuk mencari tema yang mudah untuk di pahami oleh para audiens luas, dan dalam penulisan tema ini haruslah spesifik dan semakin spesifik tema anda maka ini akan semakin menarik para audiens tentunya. 

Tetapkan tujuan penulisan anda. Banyak sekali artikel, apalagi dalam artikel yang berjenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan secara tersirat dan agar anda lebih mudah untuk menentukan tema, anda bisa melakukan obserpasi atau penelitian terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif agar artikel yang ingin anda tulis memiliki dasar ataupun landasan yang kuat. Memilih tema yang sesuai akan memudahkan anda dalam membuat artikel. Terutama bagi anda yang merupakan pemula yang jarang membuat artikel dan jarang menulis. Tema yang di inginkan pastinya akan menjadikan penulis menjadi lebih bersemangat untuk menggali ide yang lebih menarik

Sedikit tambahan bahwa tema yang sudah anda kuasai, maka dalam penulisannya anda akan lebih percaya diri, dan entah itu tema berdasarkan secara hasil observasi maupun secara literatur. Namun untuk bisa mengembangkan kemampuan menulis artikel. pilihlah tema yang belum pernah anda ketahui sebelumnya atau yang tidak anda sukai. Pilih tema ini agar anda bisa menambah kemampuan menulis anda jadi lebih berkembang.


3. Tentukan Angle.

Tentukan Angle.


Selanjutanya setelah anda menentukan topik dan tema, maka anda perlu menentukan sudut pandang  dalam membuat artikel atau yang sering di sebut dengan angel. Anda harus memilih saru aspek atau ide yang paling penting untuk di bahas dan angel inilah yang membuat artikel anda berbeda dengan artikel orang lain. 

Memilih angel ini merupakan kunci cara membuat artikel yang memudahkan dalam menentukan judul. Buatlah judul yang sesuai dengan topik yang diinginkan. walaupun judul ini bisa di buat pada akhir penulisan dan judul ini akan mengarhkan penulis agar tidak melenceng dari artikel yang di buat. Dan syarat angel ini harus jernih, tajam dan tentunya haruslah jelas. Angel ini juga memiliki rumus dan rumus yang harus di gunakan adalah unsur SW(Whay, When, What, Who and Where)+1H (HOW)

Bila perlu anda juga bisa menambahkan kompleksitas persoalan, dan menguraikannya secara sistematis agar bias merumuskan angel dengan tepat. Hal ini mungkin membutuhkan data yang kuat dan lengkap.


4. Kalimat Pembuka Yang Menarik.

Kalimat Pembuka Yang Menarik.


tips kali ini juga bisa memuat pembaca untuk membaca artikel anda sampai selesai. anda sebaiknya tidak menggunakan kalimat pembuka yang terlalu panjang pada artikel, yang dimana anda bisa menyisipkan pertanyaan yang membuat pembaca jadi lebih penasaran. Tulis kalimat awal yang bisa membuat para pembaca jadi penasaran karena hal ini memiliki kemungkinan besar agar para pembaca lebih tertarik dan mau membaca artikel lebih lanjut.

Bahkan jika dalam pembukan sudah menarik maka para pembaca akan terus membaca artikel anda bahkan mereka akan membagikannya dan para pengunjung akan jadi lebih banyak. 


5. Rumuskan Ide Pokok Atau Masalah.

Rumuskan ide pokok atau masalah.


Tips kali ini anda bisa menggunakan outline atau rangka ide pokok di setiap paragrafnya. Misalkan anda ingin menerangkan masalah anda di paragraf pertama, lalu anda bia mengisi contoh masalah di paragraf selanjutnya, kemudian penyebab dari semua masalah anda bisa isi di paragraf ke tiga, dan di paragraf selanjutnya anda bisa mengisi tentang dampak yang di timbulkan dari masalah tersebut, kemudian di paragraf ke-lima anda bisa mengisinya dengan solusi dari masalah tersebut.


6. Mempelajari Referensi.

Mempelajari Referensi.


Tips selanjutnya anda harus mempelajari referensi tentang topik yang anda tentukan ini. Maka dari itu anda perlu mengumpulkan beberapa sumber bacaan lain untuk menulis artikel anda sendiri. Referensi ini bisa anda ambil dari buku, berita, artikel web, dan yang lainnya. 

Referensi ini bukan untuk anda tiru, melainkan anda harus mempelajari berbagai yang mungkin anda belum tahu tentang topik anda tersebut dan artikel yang ada di internet tidak semuanya bisa anda percayai, maka dari itu anda harus berhati-hati dalam memilih referensi.

Anda harus mengusahakan untuk tidak mengambil dari situs-situs sembarangan karena kebanyakan dari situs-situs mereka menggunakan pendapat saat menulisnya dan bukan menggunakan fakta. Maka dari itu anda harus mencari suber yang faktual atau pendapat ahli di bidang tersebut.

Misalnya jurnal ilmiah, atau web berita. Di dalam web berita ini juga biasanya ada kata lain yang bisa anda ikuti. Disinilah anda membutuhkan keahlian dalam membaca referensi. Dalam membuat suatu artikel yang baik. Anda harus sabar dalam membaca referensi agar tulisan anda tidak menjadi tulisan yang sampah. Misalkan anda ingin menulis tentang investasi disini anda harus mencari bagaimana tanggapan orang tentang investasi dan bagaimana juga masalah-masalah yang ada di investasi tersebut serta anda juga harus memaksimalkan tentang investasi tersebut seperti, berapa jumlah uang yang bisa di investasikan dan apa saja jenis investasi yang ada. Dengan begitu, proses anda dalam pembuatan artikel anda menjadi lebih utuh dan tulisan anda akan lebih bermanfaat untuk orang banyak apalagi para pemula. 


7. Kelola Tulisan.

Kelola Tulisan


Ini merupakan tips yang paling penting dalam membuat artikel, yang dimana saat anda sudah selesai melakukan tips-tips sebelumnya, maka anda pasti akan mengumpulkan dan mengelola semua tips tadi menjadi sebuah tulisan yang utuh dan menarik, 

Bukablog sudah memberikan beberapa cara agar bisa mengelola tulisan dengan baik seperti:


1. Disini anda harus menentukan model penulisan tertentu. Hal ini bisa anda dapatkan dengan lebih banyak membaca tulisan dari orang lain, kemudian, jika anda sudah menemukan model menulis yang menurut anda bagus dan cocok, maka anda bisa mengikuti model penulisan tersebut.


2. Selanjutnya anda bisa menghindari pengguna kata yang sama dalam satu paragraf. Namun, jika anda terpaksa menggunakan kata yang sama maka anda cari istilah lain dari kata tersebut. Disinilah keahlian dalam kosakata anda akan selalu di uji. Intinya anda harus menggunakan kosa kata yang beragam dan anda bisa mencarinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


3. Dan yang terkhir anda harus memperhatikan tanda baca dan kalimat. Hal ini yang sering di lupakan saat membuat artikel apalagi mereka yang merupakan pemula. Dasar dari suatu tulisan adalah kalimat yang utuh. Anda harus memperhatikan bagaoimana anda menyimpan subjek, predikat, dan objek, kemudian tanda koma atau titik yang anda gunakan


8. Kumpulkan Bahan.

Kumpulkan Bahan.



selanjutnya dalam pembuatan artikel anda harus mengumpulkan bahan yang di butuhkan. Penulis bisa menggunakan beberapa hal untuk mengumpulkan bahan, yaitu melakukan riset, wawancara dan melakukan observasi. Anda bisa memilih salah satu dari ke tiga bahan tersebut atau anda juga bisa menggunakan ketiga bahan itu.

Jika anda mereasakan bahwa bahan yang anda kumpulkan sudah cukup, maka cara membuat artikel anda bisa menyusun tulisan. Langkah ini perlu anda lakukan agar tulisan anda bisa di susun secara terstruktur. Kerangka tulisan ini di buat sebagai perencanaan garus besar dan poin penting yang ingin di informasikan.

Ada Juga hal yang perlu anda perhatikan saat membuat kerangka tulisan adalah menganalisis masalah, teori, dan hasil penelitian. Selain itu, untuk menempatkan isi dari artikel tersebut anda bisa menggunakan teknik sub judul, karena ini akan memudahkan anda untuk menerangkan suatu informasi saat mempraktikan cara membuat artikel. Begitu juga untuk memudahkan pembaca dalam memahami informasi yang telah anda sampaikan.



9. Gunakan Foto.

Gunakan Foto.


Nahh, ini merupakan tips yang terdengar sepele namun memberi gambar atau foto di dalam artikel yang sesuai dengan topik ini pastinya akan membuat artikel anda jadi semakin menarik. Hampir semua artikel Pasti akan menggunakan visual untuk memperjelas konsep mereka. 

Artikel yang membahas tentang melakukan suatu kegiatan maka akan memberikan gambaran bagaimana susunan dalam membuat benda tersebut yang dikuti dengan deskripsi teks sebagai penunjang.

Jika anda tidak memiliki foto, maka anda bisa mendownload foto-foto gratis yang ada di pexels, Pixabay, Unsplash. Di situs-situs ini di menyediakan banyak sekali foto-foto yang bisa anda gunakan dan situs-situs tersebut menyediakan lebih dari 10ribu foto yang berbeda.


10. Jangan Buat Artikel Untuk Menyinggung Siapapun. 

Jangan Buat Artikel Untuk Menyinggung Siapapun.


Siapapun Bebas menulis artikel sesuka hati mereka. Namun tulislah hal yang pastinya bermanfaat, dan Jangan pernah anda membuat artikel yang isinya memohokan seseorang bahkan sampai memojokkan kelompok tertentu. 

Hal ini akan memunculkan permusuhan, dan anda juga bisa berpotensi melanggar hukum dan berhadapan dengan pihak berwajib, sampai anda tercap pidana dengan pasal pencemaran nama baik atau pengancaman jika di tulisan anda berisi sedikit saja kata yang berpedoman mengancam seseorang.


11.  Jangan Lupa Istirahat.

Jangan Lupa Istirahat.


Ini nihh, hal yang paling sering di lupain saat membuat artikel, karena dalam membuat artikel cukup melelahkan terutama otak anda. Maka dari itu usahakanlah anda membuat manajeman waktu dalam 1 hari untuk membuat artikel dan keesokannya untuk membaca artikel tersebut. Anda bisa melakukan istirahat seperti tidur sejenak, refreshing ke pantai, sungai, melakukan hobi dan masih banyak lagi hal yang bisa anda lakukan untuk menyegarkan otak anda.

Dengan melakukan hal ini maka pikiran anda akan berubah dan memberikan pemikiran yang signifikan lebih baik. Jika anda melakukan hal ini maka kualitas penulisan anda akan jauh lebih detail. Ingat anda harus beristirahat agar otak anda tidak lelah. 


12. Baca Kembali Lalu Perbaikan.

Baca Kembali Lalu Perbaikan.


ini merupakan tips yang terakhir jika anda sudah selesai mennulis artikel anda, Yang dimana anda jangan langsung mempublikasikan artikel. Melainkan anda harus melakukan editing terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk memperkuat isi artikel dengan gaya bahasa tertentu, namun artikel anda akan tetap menarik bahkan lebih menarik lagi.

Syarat editing adalah sebuah artikel harus memenuhi persyaratan media, artikel nyaman di baca dan bisa di mengerti. Setelah itu, anda bisa mengecek dari segi bahasa, dan kesalahan penulisannya atau (Typo)

Salah satu hal yang tak kalah penting dalam membuat artikel adalah menutup artikel dengan paragraf yang kuat dan meyakinkan. Misalkan bisa menuliskan rangkuman yang lebih singkat dari keseluruhan isi artikel.

Anda juga bisa memperlihatkannya kepada teman anda lalu anda bisa meminta teman anda untuk memberi tahu apa yang kurang, dan yang harus di perbaiki dari artikel anda,

Jika sudah, maka anda bisa mempublikasikan artikel anda.


13. Jangan Lupa Share.

Jangan Lupa Share.


Yang satu ini bisa anda gunakan sebagai tips atau bisa juga anda gunakan sebagai saran, yang dimana setelah anda melakukan semuanya, maka anda bisa membagikan artikel anda agar teman-teman anda bisa melihat hasil karya anda, dan anda juga akan mendapaatkan uang yang lebih. Anda bisa membagikan artikel anda di whatsapp, instagra, facebook, tweeter dan platform-platform yang lainnya. Jangan lupa anda minta tolong agar artikel anda ikut di share.


Nahh, Itu merupakan 12 tips menulis artikel yang baik, menarik, benar, bermanfaat, dan terbaru di tahun 2021. Ikuti tips di atas dan anda bisa melihat hasil apa yang bisa anda dapaatkan dan budayakan membaca dan pahami.