Apa Itu SSL? Ini Penjelasan Lengkapnya.! - BukaBlog - Buka dan Baca Sekarang

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 18 July 2019

Apa Itu SSL? Ini Penjelasan Lengkapnya.!

Apa Itu SSL? Ini Penjelasan Lengkapnya.!

Pernah dengar soal SSL? Apa sih sebenarnya SSL itu? Apa itu SSL? Penasaran? Penting nggak sih tahu soal SSL? Nah, di artikel ini kita akan coba membahas apa itu SSL dan apakah SSL itu penting untuk sebuah website.

Mari Tahu Apa Itu SSL!
SSL atau sertifikat SSL adalah kependekan dari Secure Socket Layer. Jadi, kalau sistem keamanan SSL ini ditambahkan ke websitemu, maka URL dari website tersebut akan berubah jadi HTTPS. Seperti yang disebutkan barusan, SSL ini semacam alat pengaman websitemu. Sehingga ia memiliki tujuan utama sebagai pengaman dari pertukaran data atau aktifitas yang terjadi di websitemu melalui jaringan internet. Jadi kalau ditanya orang, Apa itu SSL? Maka kamu sudah bisa jawab. Sederhananya, dia itu “Satpam”nya website dalam bagian proses pertukaran data. Terus apa sih sebenarnya fungsi SSL selain sebagai pengaman?

Fungsi Dari SSL
Kalau URL websitemu masih memakai http, maka Google akan otomatis menampilkan sebuah peringatan bahwa websitemu tidak aman atau “Not Secure” ketika ada pengunjung yang datang ke websitemu. Peringatan itu akan hadir ketika para pengunjung mengisi data atau mulai mengisi sebuah informasi sensitif seperti misalnya data login, atau password, form, atau data pribadi yang sangat penting seperti misalnya nomor rekening. Nah, secara nggak langsung, Google memaksa para pemilik website untuk mengamankan data-data yang masih di websitenya. Mereka harus mengamankan dan mengenkripsi data yang ada dalam jaringan tersebut.



Apa Itu SSL? Ini Penjelasan Lengkapnya.!

Sertifikat SSL ini nantinya akan membantumu biar bisa mengamankan komunikasi yang akan terjadi antara dua komputer atau lebih yang terhubung di jaringan internet. Proses pertukaran data semacam itu, seperti mengunjungi website, penerimaan dan mengirim email, membeli barang melalui online shop, serta pengisian data-data penting milik perusahaan, akan dienkripsi sehingga kalau ada oknum yang tidak bertanggung jawab dan mau mengambil data tersebut, mereka tidak bisa mengambilnya, atau setidaknya tidak bisa mengambilnya dengan mudah.
SSL ini juga memiliki dua kombinasi, yaitu public key dan juga private key. Public key ini dipakai untuk enkripsi data yang dikirim sementara private key dipakai buat mendekripsi data ke dalam format yang bisa dipakai lagi oleh si penerima data. Jadi apa itu SSL kalian sudah mulai mengerti. Lalu apa fungsi dari SSL juga sudah mulai mengerti kan? Nah, sekarang kita akan membahas hubungan dari SSL dengan HTTPS dan HTTP.

Lalu apa Hubungan SSL dengan HTTPS dan HTTP?
Di atas tadi, dalam penjelasan Apa itu SSL beberapa kali disebutkan HTTP dan HTTPS. Kemudian disana juga dijelaskan sedikit apa hubungan antara keduanya, SSL dan HTTP/S. Tapi apa sih sebenarnya hubungan keduanya?
Ketika sebuah website memakai SSL, salah satu bentuknya adalah URL yang berubah menjadi HTTPS. Lalu apa beda HTTP dan HTTPS? Beda keduanya cukup berpengaruh pada para pengunjung website di era yang sekarang ini. Para pengguna awam biasanya lebih mengenal SSL dengan tanda HTTPS.
Jadi, HTTP itu singkatan dari HyperText Transfer Protocol. Sementara HTTPS adalah HyperText Transfer Protocol Secure. Keduanya protokol tersebut didesain khusus untuk bisa mentransfer informasi dari satu komputer ke komputer lainnya melewati jaringan internet. Beda yang paling mencolok dari keduanya tentu pada huruf S yang mewakili Secure atau keamanan.
Tapi meski begitu, HTTP adalah versi yang tidak terenkripsi dengan cukup aman. Jadi tidak adanya autentikasi membuatmu, atau siapapun yang berkunjung di website itu tidak benar-benar tahu sedang berinteraksi dengan siapa. Ini tentu hal yang sangat berbahaya. Karena bisa saja kamu sedang berinteraksi dengan penipu atau hacker yang sudah siap sedia untuk menyimpan semua data pribadi dan penting milikmu.


Apa Itu SSL? Ini Penjelasan Lengkapnya.!

Menambahkan huruf S ini sangat penting. Karena itu artinya website tersebut sudah dipasangi SSL. SSL itu menunjukkan kalau komputer tersebut saling berhubungan dan setuju dengan kode yang menghalangi apapun atau siapapun yang berusaha mengambil data milik mereka.
Untuk kamu para pemilik website baik yang menggunakan WordPress atau yang lain, hal ini tentu sangat membantu ketika kamu sedang berinteraksi dengan klien. Apalagi ketika kamu memiliki website yang berjenis e-commerce. Karena dengan begitu klien dan kamu akan sering saling menukar informasi yang penting seperti misalnya data pribadi, rekening, dan data penting lainnya. Dimana data itu sangat bisa disalah gunakan dan bisa merugikanmu.

Manfaat SSL Bagi Website Selain Keamanan
Kita tadi sudah menjelaskan fungsinya. Dimana secara garis besar fungsi dari SSL ini adalah untuk keamanan. Tapi kalau bicara manfaat yang lain, apa ya kira-kira manfaat dari SSL ini? Selain soal keamanan? Berikut ini beberapa manfaat SSL untuk websitemu selain soal keamanan.

Pengunjung makin percaya

Manfaat yang pertama adalah meningkatkan kepercayaan dari para pengunjung websitemu. Apalagi ketika mereka adalah orang-orang yang paham dengan perbedaan HTTPS dan HTTP. Pasti mereka akan sangat concern pada apakah website itu memiliki HTTPS atau HTTP. Dengan jaminan keamanan yang baik, tentunya para pengunjung websitemu akan makin percaya kan?

SEO Jadi Lebih Baik

Manfaat yang selanjutnya adalah SEO dari websitemu akan menjadi lebih baik. Peringkat dari websitemu itu akan meningkat. SEO dan keamanan website itu berbanding lurus lho. Kenapa bisa begitu? Karena algoritma Google tidak suka dengan website yang tidak aman bagi pengunjungnya. Jadi semakin aman, Google akan semakin suka dan merekomendasikan website tersebut pada para pengunjung.

Pertukaran Data yang Jadi Aman

Manfaat yang ketiga adalah amannya menukar data ketika kamu menggunakan SSL. dengan adanya jaminan keamanan seperti ini, bukan hanya pelangganmu, tapi kamu juga akan merasa lebih aman kan?

Hal Lain yang Perlu Kamu Tahu Soal SSL
Setelah pengertian apa itu SSL, lalu fungsi dan manfaat, serta hubungannya dengan HTTPS dan HTTP, sekarang ada beberapa hal yang perlu kamu tahu soal SSL. Pertama adalah bahwa ada banyak jenis SSL. Kamu bisa googling soal jenis-jenis SSL itu. Kemudian ada SSL yang berbayar dan SSL yang gratis. Jadi ketika kamu berpikir bahwa SSL itu harus bayar, tidak semua. Ada yang gratis juga. Jadi kalau tidak ada budget, kamu bisa menggunakan SSL gratis ini. Salah satu contohnya adalah CLoudflare.
Itu tadi beberapa penjelasan tentang Apa Itu SSL. jadi, apakah sekarang kalian sudah mengerti apa itu SSL? Sudah tahu apa gunanya SSL buat website mu? Dan juga manfaat selain keamanan untuk website yang sedang kamu kelola? Dengan tahu apa itu SSL membuatmu bisa lebih berhati-hati dalam mengelola website. Ingat, website itu worldwide.
Semua orang di dunia, dari bagian mana pun di dunia, bisa mengaksesnya, dari mulai yang domain id, hingga beragam domain. Dari dari sekian miliyar orang tersebut, ada banyak yang tidak memiliki niat baik. Jadi selalu berhati-hati dalam menggunakan website, internet, dan semacamnya. Dengan website yang sudah pasti aman, kamu juga pasti akan tenang kan?
Terima kasih, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad