8 Tips Ampuh Buat Kamu yang Sedang Merintis BISNIS Kecil-kecilan. - BukaBlog - Buka dan Baca Sekarang

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, 11 February 2019

8 Tips Ampuh Buat Kamu yang Sedang Merintis BISNIS Kecil-kecilan.

Bisnis Kecil-kecilan  atau Usaha Kecil Menengah, Memang menjadi trend tersendiri dikalangan masyarakant milenial dewasa ini. Banyak orang-orang dari berbagai kalangan mulai merintis bisnis mereka baik jual beli maupun jasa.

Dengan berbagai kemudahan teknologi modern yang semakin mempermudah segala sesuatu, merintis bisnis dengan modal kecil bukanlah sesuatu yang sulit lagi untuk dilakukan. Terlebih jika Kamu memiliki relasi yang sangat luas di berbagai platform Media sosial, Akan sangat mudah bagi Kamu membangun dan mempromosikan bisnis sendiri.

8 Tips Mujarab Untuk kalian yang Sedang Merintis BISNIS Kecil-kecilan.


Di Indonesia, Trend Usaha Kecil Menengah ( UKM ) ini memang sedang-sedang Boomingnya. Bahkan banyak wirausahawan yang beralih profesi guna menekuni bisnis ini. Mengingat jika ditekuni dengan serius, usaha ini mungkin saja akan menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar dari penghasilan Kamu dalam pekerjaan lain. Intinya adalah kemauan, tekad dan niat yang besar dan pastinya pantang menyerah.

Walau kelihatannya terlihat sedikit gampang, Nyatanya membangun Usaha Kecil Menengah itu tidaklah Mudah. Itulah sebabnya banyak dari orang-orang yang malah gagal ketika mulai merintis bisnis mereka sendiri. Jadi begitulah, Bagi sebagaian orang mungkin mereka tidak tahu bagaimana cara merintis/membangun bisnis ini dengan baik.

Well, Tak usah khawatir! Buat Kamu yang masih awam mengenai seluk beluk bisnis yang sedang digandrungi banyak orang ini, kita akan kasi beberapa tips buat Kamu yang sedang merintis bisnis kecil-kecilan.

Lets Check This Out!

8 Tips Mujarab Untuk Kamu yang Sedang Merintis BISNIS Kecil-kecilan.

1. Lakukan Riset.

Oke, Tips pertama Kamu harus melakukan sebuah riset. Riset disini dibuat sesederhana mungkin. Jadi maksudnya adalah menentukan sebuah ide gagasan yang sejalan dengan keadaan sekitar. Ataupun kita juga melakukan riset tentang ide usaha yang memerlukan modal kecil akan tetapi menawarkan keuntungan yang menggiurkan.

Melakukan Riset Bisnis
Misalkan kita ingin sebuah bisnis berjualan Es, akan tetapi daerah tempat kita berjualan adalah daerah dingin, jadi sasaran dari bisnis kita itu akan sedikit meleset. Nah, jadi penting untuk Kamu yang ingin membangun usaha untuk melakukan riset terlebih dahulu, apasih kebutuhan orang yang sedang dicari saat ini,?? apa saja sih kebutuhan yang orang akan cari ketika mereka tinggal di tempat yang dingin?

Mungkin pertanyaan-pertanyan sederhana di atas akan mempertemukan Kamu dengan bisnis apa yang akan Kamu jalankan. Begitupun jika bisnis yang akan ada rintis adalah bisnis berbasis online, pertama Kamu juga harus melakukan riset tentang kebutuhan apa yang paling masyarakat modern cari saat ini.

Jadi, ketika sasaran bisnis Kamu tepat, maka akan mempermudah Kamu untuk memasarkan produk-produk yang akan Kamu jual.

2. Tentukan Ide Bisnis Kamu.

Setelah kita melakukan sebuah Riset, Tentunya kita sudah mendapatkan ide atau gagasan tentang bisnis yang akan kita bangun. Well, Jadi di tips kedua ini Kamu harus menentukan bisnis apa yang akan Kamu jalankan, apakah bisnis berbasis online, bisnis rumahan, atau yang lainnya.

Tentukan Ide Bisnis
Misalkan Kamu akan memilih bisnis yang berbasis online, setelahnya Kamu juga harus menentukan dengan jelas apakah Kamu akan berjualan produk baju, makanan atau yang lainnya. Jadi dengan menentukan satu ide bisnis akan mempermudah Kamu untuk menentukan step-step lainnya. Hal ini beguna agar bisnis yang akan Kamu bangun berjalan dengan baik.

Menentukan ide usaha disini juga menjadi sangat penting dimana kita mencari ide usaha yang memerlukan modal kecil tetapi dengan keuntungan yang menggiurkan.

3. Buat Rancangan Keuangan.

Tips yang ketiga ini mungkin menjadi sangat begitu penting, Kenapa ? Ya, karena ketika tak ada rancangan keuangan yang jelas, sebuah bisnis itu ibarat bangunan yang tidak memiliki pondasi. Betul bukan??

Jadi setelah kita menentukan ide bisnis apa yang akan kita jalankan, membuat rancangan keuangan adalah hal selanjutnya yang harus Kamu buat dengan baik, guna usaha/bisnis yang akan Kamu bangun itu jelas rinciannya.

Menentukan rancangan keuangannya disini, berarti pertama Kamu harus menentukan berapa-berapa modal awal yang harus kita keluarkan serta rincian keuangan lanjutan. Misalkan, modal kita kurang jadi Plann B nya Kamu harus melakukan pinjaman modal.

4. Mencari Pinjaman Modal Jika Diperlukan.

Sejatinya banyak orang yang terlalu dini menyerah sebelum mereka sempat membangun bisnis/usaha mereka dikarenakan keterbatasan Modal. Namun banyak juga bagi mereka yang menekuni usaha kecil menengah kekurangan modal dalam eksekusi bisnis mereka. Jadi kenapa merintis usaha kecil menengah juga harus mencari pinjaman Modal??

Sebenarnya sih tidak harus, Memang ada beberapa bisnis UKM yang dalam eksekusinya sama sekali tidak memerlukan modal awal, but the point is ... Overpower Skill. yaps, Terkadang keterampilan yang mempuni bisa mempermudah segala sesuatu. misalkan bisnis fulltimer blogger.

Pastinya tidak banyak orang mampu menekuni bisnis tersebut, yang dalam eksekusinya memerlukan skill yang sangat terampil. Bagi mereka yang tidak mempunyai keahlian tersebut, mereka harus membangun bisnis UKM yang dalam eksekusinya harus mengeluarkan modal sedikit.

Jadi bagi Kamu yang modalnya kurang, atau sama sekali tidak memiliki modal. apa salahnya mencari pinjaman modal usaha.... Well, jadi tips ini tidak harus Kamu lakukan, jadi carilah pinjaman modal jika itu diperlukan agar bisnis kecil Kamu bisa berjalan.

5. Tentukan Strategi Rencana Bisnis.

Membangun usaha kecil itu memang kebanyakan dilakukan sendirian, namun bagi beberapa orang yang tidak ingin terlalu terbebani mereka juga bisa mencari beberapa karyawan.

Terkadang ketika kita membangun bisnis kita sendiri, pada suatu waktu pasti pola kerja kita tidak sesuai dengan yanh diinginkan. Jadi tips selanjutnya ini wajib Kamu lakukan agar Kamu memiliki pola kerja yang tak asal-asalan dan konsisten. Kamu wajib harus membuat strategi Rencana bisnis atau bahasa kerennya adalah SOP ( Standar Opperating Procedure ).

Jadi dalam SOP itu harus Kamu jabarkan hal-hal yang harus Kamu lakukan, hal yang harus dikelola,dll. supaya bisnis kecil yang kita jalankan memiliki pola yang jelas.
Apalagi buat Kamu yang dalam usaha memiliki karyawan, SOP disini akan sangat berguna bagi Kamu untuk memaksimalkan kinerja dari karyawan tersebut.

Strategi bisnis disini juga berarti Kamu harus membuat strategi lanjutan bagi usaha/bisnis yang Kamu bangun. Misalkan, kedepannya bisnis Kamu mengalami kendala, jadi strategi rencana bisnis yang Kamu buat akan sangat berguna, jadi disinilah Kamu harus pintar-pintar menentukan strategi bisnis Kamu.

6. Membangun Relasi Bisnis.

Mencari teman partner bisnis adalah hal wajib juga yang harus Kamu lakukan, carilah partner yang terpercaya yang dikemudian waktu ketika Kamu memiliki masalah dalam perjalanan usaha Kamu, ada teman untuk bertukar pikiran guna mencari solusi.

Membangun relasi bisnis disini juga bisa dilakukan dengan orang-orang yang sudah sukses dengan bisnis mereka. Jadi secara tidak langsung Kamu akan mendapatkan pelajaran oleh pelaku usahanya sendiri. Well, tips yang satu ini wajib Kamu lakukan terlebih jika relasi bisnis Kamu dapat membantu Kamu untuk merintis usaha Kamu.

7. Melakukan Promosi Di Sosial Media.

Tips selanjutnya yang sangat penting adalah gencar melakukan promosi di berbagai platform Media Sosial. Promosi memang menjadi hal wajib dilakukan dikala Kamu ingin membuka usaha bisnis yang dalam eksekusinya adalah memasarkan sebuah produk-produk.

Melakukan Promosi Di Sosial MediaMemang dijaman yang sudah serba modern ini sudah tidak sulit lagi untuk melakukan sebuah promosi. Bahkan dari berbagai kalangan pun dapat mengakses berbagai platform media sosial. Intinya adalah Kamu harus rajin melakukan promosi di media sosial agar relasi antara Kamu dan sasaran produk Kamu menjadi tersampaikan.

Terlebih jika usaha/bisnis yang Kamu bangun adalah bisnis yang berbasis Online. Tentu promosi dari media sosial adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi, menemukan pembeli dari media sosial adalah ketetapan yang membuat bisnis Kamu tetap berjalan.

Promosi disini juga harus dikemas sedemikian rupa agar terlihat sangat menarik, sehingga banyak orang yang akan tertarik dengan produk bisnis Kamu.

8. Memperhatikan kualitas Produk/Jasa Bisnis Kamu.

Tips terakhir adalah yang paling penting dari semuanya. Dalam berbisnis yang mengedepankan penjualan produk ataupun penawaran jasa, Kualitas terbaik adalah hal wajib yang harus Kamu tawarkan dan pertahankan agar usaha/bisnis yang Kamu bangun kedepannya akan mendatangkan banyak konsumen.

Misalkan ketika Kamu berbisnis dengan mengedepankan penjualan sebuah produk-produk, maka Kamu harus sangat memperhatikan kualitas produknya, terlebih jika Kamu menjualkan produk secara online, maka ketika produk Kamu tidak berkualitas, tentu saja mereka akan merasa kecewa dan membuat suatu penilaian tentang produk Kamu di media sosial. secara tidak langsung Kamu tentu saja akan kehilangan pembeli lainnya.

Hal-hal seperti itu juga berlaku bukan hanya pada bisnis yang berbasis online saja. Misalkan Kamu membangun bisnis rumahan, Seperti Laundry. Jadi jasa yang Kamu tawarkan tidak berkualitas , seperti hasil laundryan yang tetap kotor, hal kecil seperti ini akan sangat merugikan bisnis Kamu.

Jadi buat Kamu yang mulai merintis sebuah usaha/bisnis pastikan produk/jasa yang Kamu tawarkan memiliki kualitasnya sendiri. agar kedepannya bisnis Kamu bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Well, sekian TIPS MERINTIS BISNIS KECIL agar usaha yang Kamu bangun bisa berjalan dengan baik. Terlepas dari apapun tekad, niat dan kemauan yang besar adalah hak yang wajib Kamu kobarkan juga. jangan takut gagal, sesuatu yang besar itu tidak selalu tercipta tanpa perjuangan yang keras. Sampai jumpa. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad