4 Cara Meningkatkan SEO untuk Toko Online

Toko online kini sudah menjamur dan bahkan puluhan toko online baru telah lahir ke dunia maya yang siap menjadi kompetitor anda di bisnis ini. Berapa lama sudah waktu yang anda gunakan untuk membuat dan mengurus toko online..?? apakah penghasilan anda sama seperti yang anda kerjakan selama ini..?? Nah,,itulah yang akan mas gusti jelaskan disini tentang bagaimana seseorang harus mengoptimalkan toko online demi tercapainya target penjualan seperti apa yang mereka harapkan.

Intinya disini adalah salah satu kunci untuk meningkatkan target penjualan adalah Jumlah Trafik yang tinggi dan tertarget ( murni datang dari mesin pencari). Saya menyebutkan tertarget disini dalam artian pengunjung memang benar-benar membutuhkan produk yang anda jual ,dimana mereka mencarinya melalui perantara mesin pencari,bukan backlink spam/sampah.

Cara Meningkatkan SEO untuk Toko Online
SEO for e-commerce site - img by iconfinder.com

SEO ( Search Engine Optimization ) merupakan sekumpulan tehnik yang umum ataupun rahasia dan biasa digunakan untuk mendongkrak posisi konten di mesin pencari.Penerapan tehnik seo yang tepat akan berefek baik pada peringkat konten di search engine. Namun adakah tehnik khusus untuk menerapkannya pada web toko online..?? Jawabannya ADA..!!

Tentu berbagai macam kendala memang sering kita hadapi dalam mengoptimasi sebuah toko online yang memang memiliki perbedaan dengan optimasi blog biasa ataupun portal berita online. Mungkin berikut bisa anda simak beberapa kendalam dalam mengoptimalkan olshop di mesin pencari :

  • Jarang update konten ( Publish konten hanya jika ada produk baru )
  • Menulis judul dengan kode produk.
  • Tittle post yang memang memiliki kata kunci sempit dan banyak pesaing.
  • Tidak mencerminkan ( Unique Content ) karna monoton dengan deskripsi yang sama dengan produk lainnya.

Meningkatkan SEO toko online memang terlihat seperti sulit dan menyita banyak waktu anda. Oleh karna itulah anda harus mengenali sebuah konsep optimasi yang jelas di toko anda. Strategi unik yang anda terapkan untuk optimasi mungkin akan sedikit membantu anda dalam memecahkan masalah ini seperti :

Cara Meningkatkan SEO di TOKO ONLINE :

1. Optimalkan Nama / Judul produk anda.

Seringkali orang memberikan nama produk dengan kode tertentu yang dimana tanpa mereka sadari itu akan menurunkan peringkat di mesin pencari.Why..?? hal tersebut di akibatkan kurangnya target kata kunci produk yang anda bidik. dan sekali lagi kenapa bisa demikian...??
kali ini anda bisa memainkan logika masing-masing..!! apakah pengunjung menuliskan nama barang yang mereka cari dengan sebuah kode produk..?? tidakkah pengunjung langsung to the point menuliskan barang yang mereka perlukan semisal Baju Dress Korea Import.?? coba anda renungkan apakah pemaparan saya masuk akal..??

2. Deskripsi PRODUK yang Tertarget.

Untik poin ke 2 masih berhubungan dengan tiitle  / judul untuk mengoptimalkan posisi produk anda di mesin pencari. Untuk menambah nilai SEO di dalam sebuah produk anda bisa menyelipkan kembali judul/nama produk di dalam sebuah deskripsi.

Ulangi nama produk maksimal 2x untuk memperkuat konten anda di mesin pencari.Tapi meskipun demikian tidak berarti anda harus mengulang kata yang sama berkali-kali,gunakan juga tehnik menulis yang baik ( copywritting ) agar enak di baca oleh  calon pembeli dan search engine.

3. Optimasi gambar/ foto produk.

Optimasi gambar agar bisa di baca oleh mesin pencari terutama google merupakan salah satu dari banyak cara SEO agar gambar mendatangkan kunjungan traffik ke web kita . Maka dari itu usahakan gambar yang anda gunakan juga disukai oleh mesin pencari. Caranya cukup mudah, silahkan selipkan Alt atau tiitle tag pada gambar sesuai nama produk untuk memperkuat nilai SEO di search engine. Adapun beberapa point penting yang ingin saya jelaskan dalam optimasi gambar di antaranya :

  • Pilihlah gambar produk yang ringan ( Untuk mempermudah browser memuatnya ) 
  • Pasang atribut ALT pada Gambar produk.
  • Ganti nama gambar sebelum di upload menjadi lebih User agar tercipta URL SEO yang kuat .

4. Gunakan template yang SEO.

Sekarang sudah banyak beredar template yang seo friendly dan siap pakai untuk menghias sebuah blog ataupun web. Untuk toko online sendiri terdapat Premium Template dan juga yang gratis dengan desain yang tak kalah menarik. Yang terpenting adalah desain ok,fitur lengkap dan juga loading web tidak terlalu berat.

Baca : Cara membuat toko online 100% gratis

Masih banyak yang ingin mas gusti tulis disini,tapi masih bingung di prosedur penyampaiannya karna saya juga masih dalam tahap experiment dalam SEO toko online. Kalau ada yang mau di tambahkan,silahkan berbagi di kolom komentar berikut :