15 Tips Mengatur Gaji yang Pas-Pasan Terbaru 2021, Dijamin 100% Sukses dan Cuan

15 Tips Mengatur Gaji yang Pas-Pasan,- Mendapatkan gaji bulanan, itu adalah hal yang membahagiakan bagi para karyawan namun sering kali mereka tidak bisa menggunakannya dengan baik. 

Tips Mengatur Gaji yang Pas-Pasan.


Karena Hidup di zaman milenial seperti sekarang ini mengatur keuangan menjadi hal yang sulit di lakukan, kebutuhan mereka yang sangat banyak dan mereka hanya mendapatkan gaji yang pas-pasan. Tidak salah kalau mereka mengalami kesulitan dalam mengelola dan mengatur keuangan mereka sehingga di akhir bulan mereka kesulitan untuk bertahan hidup.

Apa anda juga mengalami hal sama dengan orang-orang yang gajinya minim?? dan anda ingin tahu bagaimana cara mengatur gaji bulanan anda? berikut adalah 15 tips untuk mengatur gaji anda:


1. Hitung Pendapatan Bersih Setiap Bulan.

Hitung Pendapatan Bersih Setiap Bulan.

Inilah yang paling pertama dan harus anda lakukan untuk mengatur keuangan anda supaya menjadi lebih baik, Anda harus menghitung berapa banyak pendapatan bersih atau netto dari penghasilan yang anda dapatkan di setiap bulannya. Anda juga harus memastikan bahwa pendapatan bersih ini sudah dipotong dengan tagihan bulanan anda seperti membayar asuransi, pajak kendaraan dan yang lain.

Hal ini harus anda lakukan karena bisa meminimalisir kesalahan dalam perhitungan gaji. sehingga membuat anda tidak mengalami kekurangan di setiap bulannya, selain itu dengan cara ini anda juga bisa menabungkan sisa uang anda.

cara menghitung pendapatan bersih ini sangatlah mudah, dimana anda hanya perlu menuliskan gaji kotor anda terlebih dahulu kemudian anda tinggal menguranginya dengan tagihan atau kewajiban yang pasti akan anda bayar di setiap bulannya. 

Misalkan anda mendapatkan gaji sebesar Rp 5.000.000./bulan, Lalu di setiap bulan anda harus membayar asuransi sebesar Rp 500.000, anda juga harus membayar cicilan motor anda sebesar 1.500.000. jadi pengeluaran tetap anda yaitu Rp 2.000.000 dan selanjutnya anda tinggal mengurangi gaji dengan pengeluaran tetap. Rp 5.000.000 - Rp 2.000.000, jadi pendapatan bersih anda yaitu Rp 3.000.000. perbulan.


2. Langsung Bayar Semua Kewadjiban.

Langsung Bayar Semua Kewadjiban


Tips selanjutnya adalah membayar semua kewajiban terlebih dahulu dan kewajiban ini temasuk anda harus membayar uang sewa kos atau kontrakan, bayar listrik, air dan cicilan kendaraan atau barang elektronik.

Semua Pengeluaran itu harus anda selesaikan terlebih dahulu sebelum anda melakukan pengeluaran lain. Jika anda tidak menyelesaikannya dengan segera maka saat menjelang akhir bulan dan uang anda sudah habis maka tagihan ana akan menumpuk.


3. Buat Anggaran Belanja.

Buat Anggaran Belanja.


Sebelum anda menggunakan gaji anda untuk hal-hal yang kurang perlu, sebaiknya anda membuat anggaran belanja terlebih dahulu. Ini adalah langkah selanjutnya yang harus anda lakukan. Anggaran ini berisi daftar kebutuhan anda setiap bulan, Tidak hanya kebutuhan pokok tapi kebutuhan skunder seperti belanja baju, membayar ke tempat olah raga dan lain-lain, yang di gunakan setiap hari maupun setiap dua hari sekali.

disini anda harus mampu menggunakan gaji anda di setiap kebutuhan. Tujuannya tidak lain agar biaya yang anda keluarkan tidak melebihi buget anggaran, dan jika itu melebihi buget, maka anda harus menunda keinginan anda untuk membeli barang tersebut, dan ini tidak berlaku di kebutuhan pokok karena dimanapun kebutuhan pokok harus di utamakan.

Supaya semakin gampang anda menjalankannya anda bisa memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan yang sudah di sediakan oleh google play store dan apple apps store.


4. Cari Sewa Kos/Kontrakan Termurah.

Cari Sewa Kos/Kontrakan Termurah.

Untuk anda yang merupakan para pekerja di perantauan tentunya anda akan tinggal di kos-kosan atau di sebuah kontrakan, dan disini anda bisa mengatur keuangan supaya anda bisa terus menyambung kehidupan anda, dengan cara pilih kosan tahunan, karena kos yang di bayar  setahun sekali cenderung memiliki tagihan yang lebih sedikit dan carilah kos yang dekat dengan tempat kerja anda begitu juga dengan kontrakan dan hal ini jika anda lakukan maka anda akan bisa menghemat uang anda. 


5. Buat Jadwal Belanja.

Buat Jadwal Belanja.


Membeli baju, tas, sepatu dan barang-barang lainnya memang menjadi pengeluaran bulanan bagi banyak orang, padahal barang-barang tersebut bukanlah barang yang harus di beli setiap bulannya, karena tanpa baju baru tidak akan membuat anda mati, berbeda dengan makanan yang memang harus anda beli di setiap hari.

Tapi, membeli fashion baru memang menjadi kebahagiaan diri sendiri dan itu juga perlu, tapi anda jangan asal membeli tapi buatlah jadwal kapan anda harus membeli barang seperti 2 bulan sekali atau ketika baju lama anda sudah rusak atau pudar dan ingat jangan sampai melebihi buget anda. 


6. Beli Barang Diskon/Promo.

Beli Barang Diskon/Promo.


Tips kali ini di gunakan ketika anda ingin membeli sebuah barang yang anda butuhkan, dan usahakan anda mencari barang yang paling murah, dengan cara memanfaatkan diskon dan promo yang di sediakan, anda bisa membeli barang di toko online seperti: shopee, lazada, tokopedia dan yang lainnya. Tentunya jika anda menerapkan cara ini anda tidak hanya bisa mengelola uang anda tapi anda juga bisa berhemat.


7. Jangan keluyuran Saat pulang kerja.

Jangan keluyuran Saat pulang kerja.

Tips kali ini susah-susah gampang untuk anda terapkan, karena kebiasaan untuk keluyuran seperti: menonton bioskop, karaoke, singgah ke mall saat pulang kerja, merupakan hal yang tidak bisa di katakan mudah untuk di hindari apalagi kalau teman/gebetan anda mengajak anda untuk pergi ke tempat tersebut, maka anda akan susah bahkan tidak bisa menolaknya. dan kebiasaan ini tanpa disadari bisa menguras dompet anda, misalkan, anda pergi ke bioskop bersama gebetan anda dan tiket masuknya seharga Rp 75.000 dan itu dikalikan dua menjadi Rp.150.000 belum lagi di tambah popcorn ataupun yang lainnya.

Jika anda pergi menonton 3 kali dalam 1 bulan  maka pengeluaran anda untuk hal yang tidak terlalu penting ini lebih dari Rp.450.000, dan jika uang ini anda invesatasikan atau anda tabung maka anda akan bisa menikmati keuntungannya di setiap bulan.


8. Beli Barang yang Masih Layak di Gunakan.

Beli Barang yang Masih Layak di Gunakan


Membeli barang yang masih layak ini merupakan cara mengatur uang dengan berhemat anggaran belanja, seperti: Membeli hp, laptop, sepatu, tv bekas, dan lain sebagainya.

Banyak sekali orang yang menawarkan barang-barang bekas yang masih dalam kondisi sangat bagus bahkan belum sempat di gunakan yang dimana alasan orang tersebut menjual barang tersebut karena dia salah beli barang, ukurannya tidak muat atau mungkin tidak suka dengan barangnya, dan dia menjualnya dengan harga yang lebih murah dari harga asli,

Contoh: Asep membeli Hp samsung warna hitam seharga Rp.2.000.000 di online shop dan sesampainya barang tersebut, ternyata saat kotaknya di buka warna hp tersebut tidak sesuai dengan pesanan Asep karena barang tersebut tidak bisa di kembalikan otomatis Asep harus menerimanya, karena Asep benar-benar tidak menyukai warna dari hp tersebut kemudian Asep-pun menjual di pasar online barang bekas, sperti: loak dan lain sebagainya. dengan harga yang jauh lebih murah yaitu Rp.1.500.000, lalu disana anda tanpa sengaja menemukan barang tersebut dan anda tertarik maka tentu saja anda boleh membelinya karena anda mendapat banyak keuntungan. Yaitu selain barangnya belum pernah di gunakan anda juga bisa hemat Rp.500.000. tapi hal ini lumayan sulit untuk di temukan dan anda harus rajin-rajin mencari di internet.

Tips ini akan sangat membantu anda untuk menghemat uang apalagi anda seorang pengantin baru yang baru saja pindah rumah dan tentunya memerlukan hiasan dinding supaya rumah anda terlihat lebih elegan dan sedap di pandang.


9. Mencari Pendapatan Tambahan.

Mencari Pendapatan Tambahan.

Jika anda merasa gaji yang anda dapatkan di setiap bulannya masih belum menutup pengeluaran atau belum bisa di sisakan untuk di tabung Dan cara terbaiknya adalah anda harus menjalankan tips kali ini. Karena uang tambahan yang anda dapatkan dari kerja sampingan akan membantu masalah keuangan anda dan membuat keuangan anda menjadi semakin stabil dan uang yang anda dapat dari pendapatan tambahan bisa anda gunakan untuk biaya sehari-hari sedangkan gaji utama anda bisa anda tabungkan bahkan anda bisa berinvestasi.

Cara mencari pendapatan tambahan bisa anda lakukan dengan memulai dari keahlian anda, seperti, membuka online shop, berjualan snack atau membuka angkringan dan lain sebagainya yang tidak menganggu aktivitas kerja anda.


10. Berinvestasi Dari Sisa Gaji atau Dari Pendapatan Tambahan.

Berinvestasi Dari Sisa Gaji atau Dari Pendapatan Tambahan.


Tips yang satu ini bisa anda lakukan jika anda sudah berhasil menyisakan gaji anda atau anda sudah mendapatkan pendapatan tambahan, dan tips ini sangat berguna untuk masa depan anda tapi tips ini jangan terlalu anda paksakan dan jangan sampai menganggu kebutuhan pokok anda.

Jangan khawatir anda tidak perlu menggunakan uang yang berjumlah besar untuk berinvestasi dan anda bisa memulai investasi kecil-kecilan karena lebih baik memulai dari pada tidak sama sekali. Namun anda tetap harus ingat dengan gaji anda yang pas-pasan dan anda harus mendalami riset tentang jenis investasi yang bisa anda gunakan, High Risk dan High Returnlah metode yang pasti akan di gunakan.

Di bidang investasi anda harus bisa membagi portofolio agar resiko yang terjadi tidak terlalu tunggi.

dan ini beberapa investasi yang bisa anda gunakan:


1). Emas.

ini rekomendasi investasi yang paling mudah dan hampir tidak memiliki resiko. Karena anda tinggal membeli emas lalu simpan kemudian jual. Rekomendasi emas yang cocok untuk anda yaitu emas batangan atau logam mulia, karena jenis emas ini memiliki harga yang terus meningkat di setiap tahunnya, dan jangan pernah anda memilih emas perhiasan karena emas tersebut sangat susah mengalami kenaikan harga karena memiliki banyak sekali potongan biaya seperti: biaya desain biaya karat dan biaya-biaya yang lainnya.


2). Reksa Dana.

Investasi yang kali ini  memiliki resiko yang berbeda-beda tergantung jumlah uang yang anda investasikan. untuk anda yang mendapat gaji pas-pasan anda harus memilih resiko yang rendah dan di invesrasi ini anda akan di bantu oleh menejer investasi untuk menyalurkan investasi anda dan di reksa dana uang anda akan di salurkan ke saham, pasar uang atau obligasi. 

Tentang besaran investasi anda jangan risau karena beberapa platform bisa menerima jumlah uang investari bernilai minim yaitu rp 100.000. sangat terjangkau dan mungkin ini tidak akan mengganggu keuangan anda 

Masih banyak lagi pilihan investasi yang lainnya dan anda juga harus ingat dengan gaji yang pas-pasan. Anda juga harus menyediakan dana darurat ketika nanti anda mengalami musibah yang tidak di inginkan maka dana darurat lah yang akan anda gunakan.


11. Penuhi Kebutuhan dan Sampingkan Keinginan Anda.

Penuhi Kebutuhan dan Sampingkan Keinginan Anda.

Ingat kebutuhan dan keinginan itu sangat berbeda, yang dimana kebutuhan itu adalah barang atau sejenisnya yang tentunya akan  anda gunakan atau konsumsi di setiap hari, misalnya: beras, lauk pauk, bahkan di era digital seperti ini kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap orang yang memiliki barang elektronik.

Sedangkan keinginan itu hanyalah nafsu untuk membeli barang bagus yang belum tentu berguna untuk di gunakan, seperti: jam tangan mewah yang harganya jutaan dan itu tentunya tidak terlalu berguna untuk anda dimana anda bisa membeli jam tangan dengan harga puluhan sampai ratusan ribu dan fungsi jam tangan itu sama saja untuk mengetahui waktu.

Maka pikirkanlah sebelum membeli barang apakah barang tersebut memang sangat perlu anda gunakan dan anda boleh menuruti keinginan anda namun anda harus menyisihkan uang bulanan anda berapapun dan di kumpulkan di setiap hari, minggu, bahkan di setiap bulan dan kalau sudah terkumpul maka anda bisa membeli barang tersebut tapi tetap pikirkan antara membeli barang tersebut atau anda menggunakan uang yang anda tabung untuk berinvestasi dengan jumlah yang lebih besar.


12. Pilih Kuota atau Wifi Dengan Bijak.

Pilih Kuota atau Wifi Dengan Bijak.

Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa data internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang, Dan disini anda harus dengan bijak memilih dan menggunakan data internet. 

Pilihlah kuota atau wifi yang memiliki harga lebih murah dan tetap bisa anda gunakan dalam satu bulan penuh, anda bisa menggunakan kuota internet yang unlimited dari pada kuota internet yang menggunakan gigabite. Sedangkan, kalau anda menggunakan koneksi wifi di rumah anda maka anda harus menggunakan wifi yang murah dan sekarang banyak sekali terdapat jasa perusahaan wifi dan mereka saling berlomba untuk memberikan harga murah dan disini anda harus memilih dengan bijak dan belilah sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.


13. Sudahi Kebiasaan Menggunakan Kartu Kredit.

Sudahi Kebiasaan Menggunakan Kartu Kredit.

Kartu kredit merupakan salah saru faktor yang bisa membuat kuangan anda terkuras tanpa anda sadari. Melakukan pembayaran kebutuhan  sehari-hari menggunakan kartu kredit itu memang bisa menjadikan anda lebih hemat karena banyaknya promo yang di dapatkan.

Jika anda terlalu nafsu untuk menggunakannya maka itu bisa membuat anda tidak sadar bahwa anda menggunakan kartu kredit secara terus menerus, dan jika sudah seperti ini akan memunculkan kecanduan menggunakan kartu kredit menjadi tidak terkontrol, dan tentunya hal ini sangat berdampak buruk untuk keuangan anda karena tagihan yang akan anda dapatkan di bulan depan bisa melebihi buget belanja anda dan membuat anda berhutang. maka dari itu sudahilah menggunakan kartu kredit dan lebih baik anda menggunakan uang cash untuk melakukan pembayaran.


14. Membawa Uang Cash Secukupnya Saja.

Membawa Uang Cash Secukupnya Saja.


Tips kali ini sangat mudah untuk anda lakukan jika anda orang yang tidak suka memamerkan uang, karena dengan membawa uang yang banyak maka teman-teman anda lebih bangga dan menjadikan anda sebagai ketua tongkrongan, tapi itu hanya sesaat dan jika uang anda habis maka anda tidak di perdulikan. Maka dari itu bawa uang cash secukupnya saja. dan jika membawa uang banyak membuat anda ingin belanja terus menerus. 

Jadi isilah dompet anda dengan uang secukupnya dan dengan ini anda akan bisa menghemat uang anda karena uang di dompet anda cepat habis dan ini membuat anda berfikir bekalikali untuk membelanjakan uang tersebut .

Tips kali ini memang yang paling manjur jika kalian gunakan saat anda melakukan belanja bulanan, dan selesai anda mencatatan daftar belanja anda, bawalah uang secukupnya sesuai dengan jumlah barang yang akan anda beli dan boleh membawa uang lebih banyak tapi jangan terlalu dan gunakan uang itu untuk berjaga-jaga saja.


15. Makannan Buatan Sendiri

Makannan Buatan Sendiri


Jika di pikirkan, memasak sendiri adalah hal yang merepotkan. Namun banyak memiliki keuntungan dengan mengonsumsi makanan buatan sendiri. Karena selain lebih menyehatkan karena bisa mengontrol bahan makanan yang dipakai, misalnya micin, masako dan minyak yang di gunakan, anda juga bisa menghemat banyak dengan masakan sendiri dan andapun memiliki keinginan belajar memasak makanan yang ingin anda coba seperti makan makanan luar negri maka anda bisa membuatnya sendiri,

Tentu saja dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan membeli di restoran yang dimana harga di restoran itu bisa 4 kali lebih mahal di bandingkan yang anda buat.


Nahhh, itulah 15 tips untuk mengatur keuangan anda yang mendapatkan gaji pas-pasan dan semoga tips di atas bisa mambantu anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.