11 Tips and Trik Dalam Memilih Asuransi Mobil Aman, Menguntungkan, dan terbaru tahun 2021

11 Tips and Trik Dalam Memilih Asuransi Mobil,- Seperti yang di ketahui oleh banyak orang bahwa mobil merupakan sarana transportasi yang rentan mengalami kecelakaan. 

Tips and Trik Dalam Memilih Asuransi Mobil.


Sering kali mobil di gunakan sebagai aset, koleksi, bahkan penunjang aktivitas sehari-hari, karena memiliki nilai ekonomi terbilang tinggi, wajar saja jika kita memberikan anggaran khusus untuk merawatnya. Ini dilakukan agar nilai aset tetap terjaga dalam kondisi baik dan harganya tidak merosot akibat mengalami kerusakan maupun risiko lainnya. 

Memilih asuransi mobil terbaik adalah salah satu cara utama untuk mengurangi biaya kerugian akibat kecelakaan ataupun kerusakan yang tidak kita inginkan. Karena dengan memilih asuransi mobil terbaik, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tidak dibutuhkan.

Saat ini, memang banyak perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi kendaraan dengan lebih banyak pilihan untuk di pertimbangkan. Tapi dengan banyaknya pilihan asuransi mobil membuat para calon pengguna menjadi bingung untuk memilih asuransi yang tepat.

Nahhhhh, jika anda termasuk orang yang bingung memilih asuransi mobil yang cocok. Berikut adalah 11 tips and trik untuk memilih asuransi mobil yang tepat agar anda tidak salah memilih perusahaan asuransi:


1. Ketahui Tanggungan Asuransi Yang Dibutuhkan Oleh Mobil Anda.

Ketahui Tanggungan Asuransi Yang Dibutuhkan Oleh Mobil Anda.


Tips yang pertama ini Anda harus benar-benar mengetahui apa saja tanggungan asuransi yang mobil anda butuhkan, karena dengan mengetahuinya anda tidak akan membuang uang anda untuk asuransi yang sama sekali tidak di butuhkan oleh mobil anda, dan anda harus menghubungi perusahaan asuransi untuk mengetahui tanggungan apa saja yang di sediakan oleh perusahaan asuransi tersebut, karena beberapa perusahaan asuransi tidak memiliki tanggungan yang sama.

Anda harus mengetahui bahwa perusahaan asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis yaitu:


1). Asuransi ALL Risk. 

Dimana perushaan asuransi tersebut menjamin semua kerusakan mobil anda, jadi anda bisa melakukan klaim walaupun mobil anda hanya tergores sedikit.


2). Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO).

hanya menyediakan perlindungan saat mobil anda mengalami kerusakan berat di atas 75% atau mobil anda hilang  di ambil pencuri, disini anda tidak bisa mengklaim jika mobil anda mengalami kerusakan ringan seperti tergores, kaca spion pecah dan sejenisnya.

Jika sudah menentukan jenis tanggungan asuransi yang di butuhkan, maka anda sudah bisa memilih perusahaan jasa asuransi baik itu All Risk atau TLO, dan besarnya premi asuransi di tentukan oleh perusahaan asuransi mobil yang anda pilih.


2. Ketahui Profile Perusahaan Asuransi.

Ketahui Profile Perusahaan Asuransi


Setelah mengetahui jenis asuransi yang disediakan dan di butuhkan oleh mobil anda. Anda jangan langsung percaya bila  seseorang ataupun perusahaan menawarkan layanan asuransi kendaraan yang cocok untuk anda apalagi dengan harga permi yang terbilang murah. Disini anda harus mengecek ulang profile perusahaan asuransi tersebut. Anda bisa mencari informasi yang cukup melalui testimoni di internet, sosmed, dan sumber-sumber lainnya, dengan demikian anda bisa terhindar dari perusahaan asuransi abal-abal.


3. Ketahui Keluhan Pengguna Lain.

Ketahui Keluhan Pengguna Lain.


Saat Anda ingin memilih perusahaan asuransi, sebelum itu anda harus memperhatikan rasio pengaduan dari pengguna lain. Baimana dan apa saja keluhan dari para pengguna, lalu tindakan apa yang di lakukan oleh perusahaan asuransi, Kalau rasio keluhan lebih banyak dari pada keluhan yang terselesaikan berarti perusahaan tersebut tidak layak untuk anda pilih.


4. Sesuaikan Dengan Kemampuan Anda.

Sesuaikan Dengan Kemampuan Anda.


Selain mencari tahu apa saja yang di butuhkan oleh mobil anda, anda juga harus menyesuaikan Buget yang anda miliki, sangat penting untuk mengetahui premi yang akan di tanggung nantinya dan jangan sampai harga premi melampaui buget anda dan membuat perekonomian anda menjadi terganggu. jadi pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki harga premi sesuai dengan buget.


5. Kredibilitas Bengkel Dari Rekan Kerja Sama.

Kredibilitas Bengkel Dari Rekan Kerja Sama.


Selanjutnya yang harus anda ketahui adalah bengkel yang telah di tunjuk atau sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi. karena nantinya jika mobil anda mengalami kerusakan maka anda akan berhubungan secara langsung dengan mereka. Pastikan bahwa bengkel tersebut mempunyai infrastruktur memadai dan layanan yang di berikan membuat anda nyaman dan puas. Asuransi AXA Auto Insurance memberikan layanan derek, new for old (penggantian kehilangan mobil), penggantian kunci kendaraan sampai dengan penggantian tanggung jawab hukum pihak ketiga. sudah bekerja sama dengan ratusan bengkel authorized maupun bengkel rekanan yang sudah tersebar di seluruh indonesia.


6. Ketahui Persyaratan Perusahaan Asuransi. 

Ketahui Persyaratan Perusahaan Asuransi.


Sebelum Anda membeli asuransi, anda harus benar-benar mencari dan memutuskan persyaratan yang di berikan oleh perusahaan asuransi. Seperti tentang penutup kerusakan mobil dan kerusakan apa saja yang di tanggung oleh perusahaan. Anda juga harus mengetahui kerusakan apa saja yang tidak di lindungi/ditanggung oleh perusahaan jasa asuransi, dan jangan sampai karena anda kurang teliti membuat anda jadi membayar premi yang besar saat mengklaim.


7.Tahun Mobil Ditawarkan.

Tahun Mobil Ditawarkan


Saat anda ingin memilih asuransi mobil, perhatikanlah tahun proteksi mobilnya. Biasanya mobil yang memiliki tahun yang sudah tua seperti 10 tahun keatas  berharga jual murah dan ini membuat nilai asuransinya menjadi kecil,biasanya mobil yang sudah berusia 15 tahun klaim mereka tidak di terima oleh perusahaan asuransi. Karena mobil tua memiliki resiko kerusakan yang tinggi dan kerusakan itu akan mudah meluas, Jadi jika mobil anda berusaia 10 tahun ke atas lebih baik anda memilih jenis asuransi All Risk. Jika mobil anda  baru itu sangat jarang mengalami kerusaskan maka anda bisa memilih asuransi TLO. Karena mobil baru hanya memiliki resiko kecil mengalami kerusakan, palingan cuma lecet-lecet sedikit


8. Perhatikan Lokasi Kediaman.

Perhatikan Lokasi Kediaman.


Memilih asuransi mobil yang berkualitas. maka anda perlu mempertimbangkan lokasi kediaman/tmpat tinggal anda. Jika lokasi rumah anda sepi dengan kendaraan lain, Maka resiko kecelakaan yang akan anda alami itu sangan kecil dan anda bisa memilih jenis asuransi TLO, sedangkan jika rumah anda berada di perkotaan atau desa yang padat penduduk maka resiko anda mengalami kecelakaan itu sangat besar sehinga anda harus memilih asuransi All Risk.


9. Ketahui Keunggulan Perusahaan.

Ketahui Keunggulan Perusahaan.


Saat Anda sudah mengetahui perusahaan asuransi mobil yang akan anda pilih, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa saja keuntungan yang di berikan oleh perusahaan tersebut, Karena setiap perusahaan menawarkan fitur, fasilitas, ataupun keunggulan yang berbeda dengan perusahaan lain, maka pahamilah apa saja kelebihan yang di berikan oleh perusahaan sebelum anda benar-benar memilih perusahaan asuransi. 


10. Bandingkan Para Perusahaan Asuransi.

Bandingkan Para Perusahaan Asuransi


Ketika anda sudah mengetahui keuntungan yang di sediakan perusahaaan maka selanjutnya badingkanlah perusahaan tersebut, Jika anda ingin menggunakan jasa perusahaan yang terbaik maka inilah langkah yang jangan sampai anda lewatkan. 

Karena dengan kemajuan tehnologi di era digital seperti ini anda bisa dengan mudah mencari tahu semua itu, hanya melalui internet yang ada di ponsel atau laptop anda,maka anda sudah bisa mendapat semua informasi yang anda butuhkan, dan saat anda sudah mengetahuinya maka tentukanlah pilihan yang tepat dari perbandingan perusahaan tersebut karena setiap petrusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan jadi carilah perusahaan yang paling cocok untuk anda 


11. Dengarkan Saran Dealer.

Dengarkan Saran Dealer.


Saat anda membeli mobil di dealer, disanalah biasanya anda akan di berikan saran untuk memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan anda dan anda tidak salah untuk mendengarkan, menganalisis dan mempertimbangkan rekomendasi tersebut.Jika beberapa dealer memberkan informasi yang positif kepada suatu perusahaan asuransi maka bisa di katakan bahwa perusahaan tersebut aman untuk anda gunakan.

Saran yang di berikan tidak harus sepenuhnya anda ikuti, tapi itu semua memberkan informasi dan membuka wawasan anda terhadap tipe perusahaan asuransi dan keuntungan apa saja yang akan di dapatkan nantinya.


Nahhh,,,Itu adalah 11 tips dan trik untuk memilih asuransi mobil, Jangan sampai anda keliru dan salah dalam memilih yang namanya perusahaan asuransi karena ini akan anda gunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan memilih perusahaan asuransi yang benar maka keselamatan mobil anda bisa di jamin.