-->

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Akun Trading Demo?

author photo 16:34:00

 Apa Saja Keuntungan Menggunakan Akun Trading Demo?


        Trading adalah sebuah aktivitas yang melibatkan banyak risiko, bukan hanya keuntungan, tapi juga kerugian bahkan hingga jumlah besar. Tak jarang kerugian yang diderita pemain mencapai tahap menghabiskan seluruh dana yang tersedia. Di sinilah letak pentingnya akun demo, sebuah akun yang memungkinkan Anda untuk berlatih sebelum masuk ke dunia trading yang sesungguhnya.

Tapi tahukah Anda bahwa bukan hanya sebagai tempat latihan, akun trading demo juga bisa membantu Anda untuk melakukan beberapa hal. Untuk menyajikan Anda dengan hal-hal tersebut, kami menggunakan akun Olymp Trade demo sebagai rujukan. Meski demikian, manfaat yang akan kami sajikan kepada Anda berlaku secara umum di semu aplatform.


Memahami cara melakukan transaksi

Manfaat pertama yang Anda peorleh dari akun trading demo adalah memahami cara melakukan transaksi. Biasanya, Anda bisa melakukan hal ini dengan menetapkan harga permintaan atau Ask atau menekan tombol Buy yang tersedia. Beberapa platform juga memungkinkan Anda untuk melakukan Bid sebagai bagian dalam transaksi jangka pendek, sementara di tempat lain, Anda bisa melakukan trading langsung dari grafik yang tersedia.

Hal lainnya yang tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah fitur penting seperti spread, ukuran lot, penghenti transaksi, dan lainnya. Fitur-fitur ini akan membantu Anda bukan hanya dalam melakukan, tetapi juga mengelola transaksi.

Mengenal sistem lot

Menentukan ukuran lot yang akan Anda perdagangkan juga tak kalah penting. Sederhananya, sebuah lot merujuk pada jumlah minimum aset yang dapat diperdagangkan dalam sebuah transaksi tunggal. Ini artinya, semakin besar ukuran lot, semakin besar pula risiko yang harus Anda tanggung.
Umumnya standar lot yang berlaku adalah 1 lot terdiri dari 100 unit. Akibat pemberlakuan standar ini, ukuran lot juga bisa membantu Anda mengidentifikasi besaran modal yang harus Anda investasikan. Sebagai contoh, ketika Anda melakukan perdagangan valas, terdapat 3 jenis lot yang berlaku: standar, mini, dan mikro.

Lot standar terdiri dari 100.000 unit mata uang, 
sementara mini lot terdiri dari 10.000 unit mata uang, 
dan mikro terdiri dari 1.000 unit mata uang. 

Ini artinya, jika Anda bertransaksi 1 lot standar pada pasangan EUR/USD dengan harga permintaan di angka $1.3000, Anda harus membayar $130.000 untuk mendapatkan €100.000.


Belajar dari simulasi yang semirip mungkin dengan kenyataan
        Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan dari akun trading demo adalah membiasakan diri seoptimal mungkin untuk memahami dan menguasai aktivitas trading yang sesungguhnya, dengan segala risiko yang ada. Oleh karena itu, penting dalam melakukan trading di akun demo, Anda senantiasa mengelola risiko sejauh yang Anda bisa, seolah-olah Anda sedang bertransaksi menggunakan uang sungguhan.

Terkait dengan hal ini, ada baiknya Anda menggunakan semua elemen strategi yang sama persis dengan yang Anda rencanakan untuk lakukan di trading nyata, mulai dari jumlah deposit, noiminal transaksi, dan lain sebagainya. Setidaknya hal ini akan membuat Anda sedikit terbiasa dengan lingkungan yang kelak harus Anda hadapi. 

Meski demikian, perlu diingat bahwa terlepas dari berhasil atau gagalnya strategi yang Anda terapkan di akun demo, hasilnya bisa jadi jauh berbeda dengan dunia nyata. Hal ini karena akun demo melibatkan parameter-parameter yang telah ditentukan platform. Sementara jika di dunia nyata, ada begitu banyak parameter yang bahkan tidak bisa diprediksi semuanya oleh sistem. 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement