8 Kiat Sukses Berjualan di Instagram Modal Minim

Cara sukses berjualan di instagram,instagram merupakan salah satu sosial media berbagi foto dan video terpopuler saat ini. Instagram yang awalnya berfungsi sebagai sarana untuk berbagi foto kini sudah berubah lebih dari itu dimana mampu menjadi lahan untuk berjualan online yang begitu menjanjikan. Bahkan banyak brand yang mengandalkan instagram sebagai media pemasaran utama mereka. Apa saja bisnis yang mampu mendatangkan uang dari instagram terpopuler saat ini??
  1. Sebagai Selebgram ( Terpaku pada follower )
  2. PaidPromote ( Terpaku pada follower )
  3. Jual Beli Akun Instagram ( Terpaku Pada Follower )
  4. Berjualan Online di instagram ( Lebih ke strategi )
Poin yang ditebali di atas itu adalah yang akan kita bahasa saat ini dimana berjualan di instagram di butuhkan strategi dan sedikit kerja keras agar bisa sukses tanpa mengeluarkan biaya yang berlebihan. Untuk poin yang lain abaikan saja karna akan saya bahas di artikel selanjutnya. Banyak seni pemasaran yang bisa kalian lakukan untuk memasarkan produk yang kalian jual agar menarik minat pembeli pengguna instagram lain. Seberapa besar peluang sukses berjualan di instagram.??
  1. Jumlah pengguna instagram di indonesia sebesar 53jt akun dari total 800 juta pengguna di seluruh indonesia ( data di ambil dari katadata.co.id )
  2. Mudahnya beriklan di instagram dengan harga terjangkau.
  3. Banyak brand sukses yang menggunakan instagram sebagai media promosi utama.
  4. Model FEEDS yang di gunakan instagram sangat mendukung untuk berjualan dan memanjakan penjual dalam memajang barang dagangan mereka.
  5. dll
Sukses Berjualan di Instagram Modal Minim

Itu adalah beberapa kelebihan yang memang umum dan mungkin sudah banyak diketahui orang dimana bisnis di instagram itu nyata,tapi masih banyak dari kita belum mengetahui dasar-dasar cara agar berhasil berjualan di instagram. Apa saja yang harus di perhatikan? simak artikel di bawah ini :

1. Tentukan apa yang ingin kamu jual.
Ini sudah terlihat jelas kalau mau berjualan ya kamu harus sudah memiliki produk yang ingin di jual ( kecuali kalau kamu reseller / dropshipper ) dimana hanya butuh foto produk saja dari distributor /agen kamu.

Jadi langkah pertama tentukan produk apa yang ingin kamu jual entah itu Baju kaos,casing,sepatu,jam tangan dan bahkan tanah pun bisa kamu pasarkan di instagram.Setelah kamu sudah yakin dengan produk yang akan di jual,langkah selanjutnya kamu bisa membuat akun khusus untuk berjualan. Kenapa..? ya biar terlihat lebih profesional dan terpercaya.

2. Buat akun khusus berjualan di Instagram.
Apabila sebelumnya kamu berjualan hanya menggunakan nama akun pribadi kamu,mulai sekarang cobalah membuat akun sendiri yang memang di khususkan untuk berjualan dengan nama yang unik dan mudah di ingat oleh calon pembeli kamu.

3. Perhatikan Nama Akun yang kamu buat.
Yuk saatnya kamu buat nama akun yang keren dan sekece mungkin,ingat nama akun ini yang akan membawa nama bisnis kamu buat seterusnya.

  1. Buat nama akun instagram yang mudah di ingat dan biasanya nama unik itu lebih mudah di ingat.
  2. Ingat jangan anggap sepele nama akun instagram kamu,ini bisnis bukan alay-alay an. Nama adalah langkah awal kamu branding usaha kamu agar ke depan jadi lebih kuat.
  3. Hindari membuat nama akun dengan huruf,nama pasaran dan susah di ingat.

4. Berburu Follower.
Setelah akun kamu selesai,selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari follower untuk akun baru kamu.Ini adalah nyawa bisnis kamu,carilah follower sebanyak mungkin.Terus bagaiaman caranya untuk mencari follower dengan cepat dan mudah ??
  • Cari akun yang menjual produk yang sama dengan follower yang banyak juga ( minimal di atas 10k/10.000 )
  • Follow sebanyak mungkin follower dari akun tersebut secara bertahap,sehari 500 - 1000 orang agar akun tidak di suspend oleh instagram ( ingat jangan membabi buta ).
  •  Kunci akun kamu agar orang yang kamu follow itu penasaran dengan akun instagram kamu dan kemungkinan untuk di follow balik itu jadi lebih besar.

5. Upload foto produk yang menarik.
Jika kamu berjualan di instagram ornamen yang pertama kali di lihat orang ya tidak lain adalah foto produk kamu,apa mungkin foto produk yang jelek itu bisa menarik orang untuk membeli..? ya mungkin saja tapi tipis. berikut tipsnya :
  • Jika bisnis jualan kamu adalah olshop (jual barang online dari distributor tertentu ),kamu biasanya sudah mendapatkan foto langsung dari distributor kamu,tapi kalau produk sendiri gimana.?? punya tampilan foto produk yang menarik adalah harga mati. 
  • Foto produk tidak harus pakai kamera mahal DSLR atau mirroless,pakai kamera hp pun sudah bisa karna banyak spesifikasi gadget yang sudah memenuhi standar untuk itu. Rumusnya ( JEPRET + EDIT = UPLOAD ) 
  • Jangan upload foto tanpa melalui proses editing,terus aplikasi apa yang harus saya pakai ? Kamu bisa pakai aplikasi gratis Lightroom,VSCO dan SNAPSEED dan cara pakainya pun sangat mudah tinggal geser-geser saja ( rekomendasi pakai VSCO karena filternya keren dan gak norak )

6. Beralih ke akun bisnis.
Langkah selanjutnya adalah beralih ke akun bisnis,banyak keuntungan yang di dapat jika akun kamu beralih ke mode bisnis di antaranya :
  • Banyak fitur yang mendukung bisnis kita agar lebih berkembang seperti tombol kontak,wawasan ( darimana traffik follower kamu berasal ),iklan,dll.
  • Bisnis kamu juga akan terlihat lebih profesional dan terpercaya.
  • Tapi kalau kamu mengaktifkan fitur ini,akun kamu sudah tidak bisa di gembok/privacy lagi.

7. Promosikan produk yang kamu jual.
Banyak cara agar bisnis jualan kamu dikenal oleh banyak orang,baik yang berminat membeli maupun sekedar mengenal produk kamu di antaranya :

Sukses Berjualan di Instagram
Ini adalah contoh berpromosi di akun instagram artis.


Cara promosi produk GRATIS di instagram :
  • Memberi tahu teman terkedat kamu jika akun jualan kamu sudah selesai di buat dan produk terbaru sudah tersedia.
  • Berkomentar di instagram artis yang memiliki banyak follower ( berkomentarlah dengan elegan ( tidak nyampah ) alias spam jika kamu tidak ingin akun di block oleh si artis ). cara ini biasanya efektif memancing orang setidaknya melihat profil instagram kamu.
Cara promosi Berbayar :
  • Memakai jasa SELEBGRAM untuk mempromosikan produk kita ( endorse,paid promote,dll )
  • Memasang iklan langsung di instagram ( lebih tertarget )
8. Beriklan pelayanan yang cepat dan maksimal.
Jangan pernah mengabaikan jika ada yang menanyakan sesuatu baik melalui komentar maupun DM langsung,berikan pelayanan yang ramah agar mereka puas dan merekomendasikan langsung ke teman mereka. 


Itulah 8 cara sukses berjualan di instagram yang bisa kamu pratekan langsung ke bisnis kamu sekarang,apapun produk yang kamu jual asal konsisten semua pasti ada hasilnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.