5 Cara mencari Pengiklan / Sponsor untuk Blog Anda

Menjual area iklan secara langung adalah strategi paling tepat untuk menghasilkan uang dari blog. Anda bisa menentukan sendiri harga dari Space iklan yang di tawarkan dengan acuan, harga sebanding dengan jumlah dan kualias trafik blog anda saat itu.Tentunya semakin tinggi trafik maka peluang mendapatkan advertizer atau pengiklan akan semakin besar.

Cara mencari pengiklan / Sponsor untuk blog


Kenapa harus Trafik..?? Itu merupakan acuan pengiklan saat memilih media promosi untuk memaksimalkan klik iklan pada banner mereka. Tentunya semakin banyak pengunjung unik di website anda,maka peluang klik iklan mereka akan semakin besar.Apa yang terjadi selanjutnya..?? Disinilah mereka akan tertarik mensponsori website atau blog anda dalam jangka waktu tertentu atas kesepakatan bersama. Berikut simak pandung 5 cara mencari pengiklan untuk website atau blog.

2 Syarat Mendapatkan pemasang iklan yang Potensial di blog :

1. Blog anda sudah memiliki Trafik. 

Trafik dalam artian disini adalah rata-rata jumlah pengunjung harian di blog anda.Semakin banyak pengunjung, maka akan semakin baik.Kenapa..?? Sekali lagi Trafik adalah acuan utama para advertizer dalam menilai blog anda.

Berapa minimum pengunjung yang masuk kreteria..?? Kalau menurut saya pribadi tidak ada acuan khusus trafik sebuah blog untuk mendapatkan pengiklan,tapi alangkah baiknya kalau blog anda sudah mengantongi minimal 1.000 pengunjung unik setiap hari. Jika blog anda belum memenuhi kreteria tersebut,mulailah fokus membangun lalu lintas pengunjung dari sekarang agar peluang monetisasi blog anda semakin besar.

2. Desain web dan blog yang menarik. ( download template gratis disini )

Apakah desain web sangat berpengaruh di bisnis iklan..?? Tentu..!! tampilan website atau blog yang profesional akan lebih meyakinkan hati advertizer di luar syarat trafik di atas. Desain website yang enak di pandang mata ( Eye Catching ) akan membuat tampilan iklan menjadi lebih menarik.

Selain itu,tidak semua desain template yang anda pakai mampu menampung banner iklan.Untuk itu carilah Template Gratis yang memang terdapat fitur Space iklan untuk berbagai ukuran seperti 468 x 60px , 125 x 125px atau anda bisa menambahkannya sendiri dengan sedikit script Cara membuat banner iklan di blog.

3 Cara jitu Mendapatkan Pemasang Iklan di Blog.

1. Perjelas bahwa anda menerima Sponsor di Blog.

Poin pertama ini akan lebih memperjelas sekaligus menekankan bahwa di blog anda penerima pemasang iklan dengan tarif tertentu. Buatlah sebuah area banner penawaran Advertizer Here atau bisa juga Pasang Iklan Murah di posisi terntentu seperti Sidebar ,Header dan juga footer.

2. Buatlah halaman PASANG IKLAN di blog anda.

Setelah melakukan langkah diatas,yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengarahkan link banner ke sebuah halaman yang menjelaskan atau menguraikan step by step tata cara memasang iklan di blog anda. Hal ini akan mempermudah pengiklan dalam mencari informasi mengenai :
  • Statistik blog : Kalkulasikan data trafik di blog anda untuk Satu hari dan juga total perbulannya.Jelaskan jumlah pengunjung dan juga Page view yang anda peroleh. Jangan lupa,gunakan data yang akurat dan bisa di pertanggung jawabkan seperti Google analytics.
  • Pilihan spot area banner : Informasikan dengan detail spot banner yang anda sediakan sehingga mudah di ketahui oleh pemasang iklan. Misalkan saja anda menyediakan spot 125 x 125px , 300 x 250px dan masih banyak lagi.
  • Penjelasan keuntungan advertizer : Jelaskan keuntungan apa saja yang mereka dapatkan jika memasang iklan di blog anda. Paparkan dengan jelas agar calon pemasang lebih tertarik dengan blog anda.
  • Penjelasan Tarif Iklan : inilah point yang paling penting. Inilah hal yang paling dicari oleh pemasang iklan tentang tarif harga yang anda tentukan untuk promosi mereka. Jika anda kebingungan menentukan harga iklan, silahkan blogwalking di blog lain dengan perkiraan trafik yang sama dengan blog anda atau anda bisa menggunakan tarif rendah sebagai langkah awal monetize blog anda.
  • Media pembayaran iklan : Berikan beberapa pilihan sarana untuk menerima pembayaran iklan seperti Paypal,Rekening Bank atau yang paling mudah Via Pulsa.
  • Informasi Kontak : Jangan lupa mencantumkan nomor atau Form kontak yang bisa di hubungi baik itu No hp,Alamat email dan juga Form kontak. 

3. Mengikuti Program Adsense. baca : Cara mendapatkan uang dari instagram

Program adsense merupakan sebuah bisnis periklanan Online dengan berbagai pilihan yang sangat cocok untuk ajang monetize blog. Google yang memiliki peran terhadap program adsense terbesar yaitu Google Adsense mampu memberikan angin segar bagi blogger di seluruh pelosok dunia dan bahkan sudah mampu mencetak banyak Milyarder muda. Pada tahun lalu tim google secara resmi mengumumkan bahwa Blog yang mempubliskasikan artikel berbahasa indonesia kini sudah bisa daftar google adsense,walaupun jauh sebelum peresmian sudah banyak yang berhasil mendaftar dan mendapatkan penghasilan melalui program tersebut dari blog berbahasa indonesia.

Cara mencari pengiklan untuk blog
Ini bisa menjadi alternatif buat anda yang ingin mencari sponsor untuk blog.Google mampu membayar setiap klik yang di lakukan pengunjung dengan jumlah yang terbilang mahal. Namun terlepas dari hal itu, mendaftar di google adsense tidaklah mudah. Anda perlu memperhatikan beberapa TOS dari google agar bisa bergabung menjadi publisher mereka seperti :

  • Konten no COPAS ( Tidak boleh terdapat konten Copy-Paste )
  • Desain blog jelas dan tidak membingungkan ( Seperti posisi navigasi,sidebar dan footer )
  • Konten tidak boleh mengandung unsur SARA,kekerasan,senajata dan lain-lain.
  • Masih banyak lagi dan silahkan baca selengkapnya di TOS google.

Mungkin masih banyak yang harus saya jelaskan disini,tapi akan saya lanjut di lain waktu.Itulah beberapa Cara mencari pengiklan untuk blog yang memang banyak di lakukan oleh blogger lokal dan luar negeri . Jika anda mempunyai tips lain..!! silahkan share di form komentar di bawah ini.