5 Strategi Membuat Toko Online yang SUKSES

BukaBlog.com - Saya selaku pembisnis online memiliki begitu banyak keingin tahuan tentang segala hal ,khususnya di bidang internet marketing yang dimana sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis saya saat ini dan di kemudian hari. Saya sendiri di sini bergerak sebagai penjual desain theme dan konten tentu akan sangat memerlukan sebuah tehnik khusus dimana penjualan saya bisa meningkat dan berujung pada kesuksesan.

Sebagai pembisnis online,meningkatkan penjualan sangatlah penting untuk memotivasi diri agar terhindar dari kejenuhan dan putus asa yang sangat sering saya alami atau mungkin juga anda mengalami hal serupa.Nah,untuk tips berikut ini Mas gusti index dari pengalaman dan juga beberapa sumber pendukung lain tentang langkah dan tips membuat toko online yang sukses .

Menciptakan Toko Online yang SUKSES
Sukses membangun toko online  | Image by Dressforsuccess.org


1. Desain dan Fitur toko online.

Ini sudah menjadi sebuah keharusan dimana sebuah desain akan sangat berpengaruh pada hasil penjualan.Desain toko online yang kurang profesional bisa berimbas pada kurangnya tingkat kepercayaan calon pembeli terhadap toko kita,sekalipun tidak ada unsur penipuan disini.

Untuk itu tips dari saya, bangunlah toko online anda seindah mungkin dan nyaman di kunjungi oleh calon pembeli.Buat pengunjung lebih betah melihat koleksi produk anda yang tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan sebuah penjualan. Desain dalam artian lebih jauh yaitu :
  • Pemilihan warna template ( Profesional olshop template ).
  • Perpaduan fitur pendukung seperti ( Navigasi,slideshow,banner,dll )
  • Kejelasan mengenai Cara belanja,metode pengiriman, dan yang tidak kalah penting Cara PEMBAYARAN.
  • Widget kontak dan alamat yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi anda.

2. Pelayanan Customer Service.

Ini sebuah toko online brow,dimana orang bisa saja ingin menghubungi atau bahkan membeli produk kapan saja dan dimana saja. Untuk itu anda diharuskan agar siap melayani kapanpun mereka menghubungi anda.Bagaimana kalau pembeli menghubungi saya di tengah malam..??  disinilah pentingnya kejelasan desain toko yang sudah saya jelaskan di atas.Untuk mengatasi hal tersebut,anda bisa menjelaskan di toko anda seperti :
  • Waktu dan jam buka di toko online anda.
  • Maksimal online customer service di toko online anda.
Dengan cara begitu pembeli tidak akan menghubungi anda di luar jam yang sudah di tentukan di atas.Tidak berhenti sampai di situ, menjadi customer juga ada triknya.Untuk lebih singkat saya jelaskan point-pointnya saja :
  • Cepat menanggapi pesan dari pembeli.
  • Mengucapkan TERIMA KASIH sebelum membalas pesan dari pembeli.
  • Menerima saran dan masukan dengan sabar.
  • Segera meminta maaf jika terjadi masalah walaupun penyebabnya bukan dari kita sendiri.Misal ( keterlambatan pengiriman,slow respon dan masalah lain.

3. Foto Produk yang Menarik dan Berkualitas.

Nah inilah salah satu kunci sukses sebuah toko online kalau menurut saya sendiri.Dengan memberikan kualitas foto dan juga kejelasan produk anda akan memberikan destinasi berbelanja yang luar biasa.Kreteria foto yang menarik disini :
  • Kualitas dari foto produk bagus ( Tidak pecah / buram )
  • Lengkapi foto produk dari segala sudut ( Misalkan dari depan,belakang dan samping )
  • Sebelum di upload sebaiknya foto di perkecil / di kompres agar tidak berat saat loading browser.
tiga point di atas sangatlah vital mengingat kita hanya menjual gambar/foto sebagai perantara dengan pembeli.Jadi usahakan hal-hal tersebut di atas bisa terpenuhi dengan baik.

4. Bangun sistem penjualan Reseller.

Mungkin anda bisa menjual produk sendirian,tapi apakah hasilnya bisa maksimal jika dibandingkan dengan penjualan yang di bantu reseller..?? Salah satu pengalaman saya dimana peningkatan sebuah penjualan dari waktu ke waktu adalah karna adanya reseller ( Orang yang menjual ulang barang kita dengan diskon tertentu ).

Berikan mereka kejelasan mengenai sistem dan perjanjian yang harus di patuhi oleh reseller seperti Jumlah diskon per Item,sistem pengiriman,update katalog dan lain-lain.Langkah selanjutnya layani reseller dengan baik ,karna dialah yang akan memberikan jalan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.Berikut beberapa keuntungan adanya reseller menurut saya :
  • Meningkatkan jumlah penjualan.
  • Menjangkau pangsa pasar yang luas.
  • Bukan tidak mungkin membuka jalan toko kita menuju kesuksesan.

5. Belajar internet marketing dan SEO.

Sebagian besar pengguna internet atau sering disebut Netter mencari informasi yang mereka butuhkan melalui search engine atau mesin pencari seperti Google,bink,yahoo,dll,termasuk mencari barang yang mereka butuhkan.Disinilah anda perlu mengenal yang namanya SEO ( Search Engine Optimize ) agar website atau toko online anda mampu bersaing di halaman satu google untuk memperoleh potensi penjualan yang besar.Alasan mengapa hal ini sangat dibutuhkan :

  • Pengunjung yang berasal dari search engine 90% memang membutuhkan apa yang mereka cari.
  • Potensi penjualan akan sukses jika toko online anda berada di halaman satu google.
Itulah beberapa strategi sederhana membuat toko online yang sukses yang mas gusti lakukan selama ini dan mungkin anda mau mengikuti saran saya di atas.Bisnis online sangat meyakinkan jika anda mampu melakukannya dengan benar dan tekun.Selamat mencoba dan happy blogging....