11 Tips Cara Menjadi Youtuber Pemula ( TERBARU )

Menjadi Youtuber yang sukses adalah dambaan kebanyakan orang di era digital saat ini. Tidak sedikit orang berlomba-lomba membuat konten video dengan tujuan mencari uang dan bahkan terkenal dari youtube.Tapi perlu kamu ketahui tidak semua orang seberuntung itu,banyak hal-hal yang harus di lewati agar bisa menjadi youtuber sukses dan terkenal.

Di indonesia sendiri perkembangan content creator ( youtuber ) sangat pesat dan terbilang sukses. Banyak youtuber indonesia yang sukses meraih GOLD PLAY BUTTON untuk 1jt subscriber ( pelanggan ) mereka. Tidak berhenti sampai di situ Youtube menggebrak masyarakat indonesia,kehadiran YOUTUBE FANFEST juga mampu memberikan angin segar untuk ajang unjuk gigi para youtuber di panggung kebesaran youtube.

Tips Cara Menjadi Youtuber Pemula

A. Apa itu Youtuber ?

Youtuber itu pada intinya orang yang berbagi video di channel youtube mereka baik itu video vlog maupun konten-konten lainnya.Tidak hanya itu,orang bisa disebut youtuber jika sudah mampu mendapat penghasilan dari channel mereka melalui Google Adsense ( Youtube Partner ).

B. Berapa Penghasilan Seorang YOUTUBER.

Untuk penghasilan sendiri memang masih menjadi tanda tanya besar alias tidak pasti.Kenapa? Karna untuk harga iklan di masing-masing video itu berbeda-beda dan ini juga sangat bergantung pada CREATOR VIDEO itu sendiri seberapa sering mereka upload video dan juga seberapa banyak VIEWS yang bisa mereka dapat. Tapi untuk di indonesia sendiri untuk YOUTUBER sekelas Reza Oktovian,Ria Ricis,Atta halilintas,dll itu sudah mampu mengantongi penghasilan kisaran 100jt ke atas hanya dari iklan,belum lagi sponsor gan dan endorse sana sini. Wow gila bukan..?

C. Cara Menjadi YOUTUBER untuk PEMULA :

Banyak cara untuk menjadi youtuber yang bisa kamu tempuh tapi tidak semuanya efektif untuk kamu jalankan. Disini kita akan mengulas cara yang mudah dan cocok untuk pemula yang ingin merintis karir di dunia youtube. Apa saja ? Simak gan..

1. Memilih topik channel youtube.
Pilihlah topik channel yang ingin kamu buat,dari sekian pilihan yang ada,topik mana yang lebih sesuai dengan kemampuan kamu dan paling kamu kuasai. Berikut topik yang lagi hist di indonesia yang bisa kamu coba :

  • Youtube GAMING ( konten bermain game // Reza Oktovian,JessNoLimit )
  • Cover Lagu ( Membuat video cover lagu // HaninDhiya)
  • Vlogger ( Membuat video VLOG // Attahalilintar )
  • Tutorial ( Membuat video tutorial )
  • FRANK ( Membuat video FRANK )
  • KOMEDI ( Video lucu-lucuan // Raditya Dhika )

2. Membuat konten video yang berkualitas dan Menarik.
Ini adalah tantangan tersendiri untuk kamu yang ingin menjadi youtuber dan cara yang cukup efektif untuk menarik perhatian pentonton agar mau subscribe ke channel kamu. Mengemas video semenarik mungkin akan membuat video terlihat beda dan memberikan kesan menghibur dan ini penting untuk mencari pentonton setia untuk channel kamu. Cek di YOUTUBE channel dari AGUNG HAPSAH yang memiliki khas editing kreatif dan beda dari yang lain baik dari cinematography dan juga gaya bicaranya.

Bagaimana membuat video yang menarik dan Berkualitas ??
  • Buat skenario video agar alur dari video tersebut jelas dan enak di tonton.
  • Berikan efek-efek video yang kekinian agar penonton semakin terhibur.
  • Gunakan aplikasi editing yang banyak di pakai orang agar proses belajar kamu jadi semakin cepat dan berkembang ( rekomendasi : Adobe premiere pro,sony vegas,dll )
3. Hindari REUPLOAD Video orang lain ( REUPLOADER ).
Ini sangat jelas melanggar kebijakan dari youtube dan bukannya mendapat uang tapi channel kamu malah di tendang jauh-jauh oleh youtube.Kegiatan REUPLOADER perlahan pasti akan tercium oleh youtube cepat atau lambat. Jadi,kalau kamu memang berminat serius untuk menjadi YOUTUBER SUKSES buatlah konten original kamu dari sekarang.

Reupload adalah kegiatan mendownload video dari youtube dan mengupload ulang video tersebut yang biasa hanya di ganti judul dan thumbnail saja.

4.  Disiplin dan Konsisten membuat konten video.
Konsistensi sangatlah penting dalam hal apapun dan di bidang apa saja pasti ada titik jenuh tidak terkecuali seorang youtuber. Jadi kamu sebagai youtuber harus tetap berkarya dan konsisten dalam membuat konten yang unik dan menghibur,tetap pada jalur kamu dan berikan yang terbaik.Buatlah jadwal untuk membuat video agar waktumu ter manage dengan baik.

5. Membangun Ciri khas video kamu.
Ciri khas sangat penting dalam dunia youtube.Membuat konten yang berbeda dan memiliki keunikan sendiri akan mempermudah kamu dalam memenangkan persaingan antar youtuber.Berikut beberapa aspek yang harus kamu perhatikan dalam membentuk ciri khas yaitu :
  • Riset channel lain dan pastikan kalau hanya kamu yang memiliki style video kamu saat ini.
  • Tetap konsisten dalam membangun ciri khas video kamu.
  • Ciri khas tercipta bukan hanya dari video,tapi juga dari gaya bicara kamu. Ciptakan gaya bicara yang mudah di ingat dan bila perlu sisipkan kesan humoris dalam penyampaiannya.
6.  Konsisten dalam satu topik konten video.
Penyakit satu ini biasanya akan menghampiri setiap youtuber baru yang ingin bergelut di dunia youtuber. Kenapa..?? biasanya kebanyakan youtuber baru akan terus membuat video dengan tema yang berbeda-beda sampai menemukan tema yang pas buat channel mereka. Itu tidak masalah selagi masih dalam jangkauan kemampuan kamu,,setelah channel kamu sudah dikenal dengan tema KULINER,usahakan tidak membuat video KOMEDI yang dimana akan merusak poin nomor 5 di atas dan ciri khas channel kamu tidak akan terbangun sampai kapanpun.

7. Membuat thumbnail dan judul yang menarik.
Ini terkadang di anggap remeh oleh kebanyakan youtuber yang dimana hal ini mampu mendatangkan views yang besar untuk video kamu ke depannya. Jika kamu adalah youtuber baru dan pemula buatlah desain THUMBNAIL yang menarik views sebanyak mungkin. Tapi perlu kamu ingat JANGAN MEMBUAT THUMBNAIL YANG TIDAK RELEVAN DENGAN KONTEN yang dimana akan merusak reputasi channel kamu alias CLICKBAIT.

Kenapa Thumbnail dan Judul Menarik itu penting ??
  • Thumbnail adalah cover video dan pertama kali di lihat oleh pentonton dan begitupun JUDUL.
  • Penonton bisa mengira-ngira isi dari video kamu hanya melihat THUMBNAIL dan JUDUL saja.
  • Dengan thumbnail yang menarik dan profesional,kredibilitas channel kamu akan semakin meningkat dan mampu mendatangkan subscriber dengan lebih signifikan.

8. Optimasi DESKRIPSI dan berikan HASTAG video kamu sebelum di upload.
Ini sangat penting untuk kamu perhatikan agar video kamu bisa bersaing dengan video lainnya yang memiliki niche sama dengan video kamu.Selain judul yang menarik,deskripsi yang lengkap dan singkat juga sangat membantu optimasi video kamu. Jangan lupa juga memberikan TAG yang sesuai agar video lebih mudah di temukan oleh pentonton.

9.  Utamakan kualitas penonton daripada Kuantitas.
Jadi sederhananya tidak perlu pentonton yang banyak untuk mendapatkan rangking yang bagus di youtube. Kamu hanya perlu memancing agar penonton menghabiskan banyak waktu untuk menikmati video kamu agar reputasi kamu bagus dan mampu menempati ranking 1-3 di pencarian youtube.Untuk itulah Konten yang menarik dan memiliki ciri khas sangat penting disini agar penonton betah menonton video kamu.

10.Promosikan VIDEO KAMU.
Setelah upload video kamu,promosikan ke media sosial yang kamu punya untuk menambah jumlah views di video kamu. Facebook dan instagram bisa jadi alat promosi yang bagus untuk mengundang views ke channel kamu dan jika kamu punya blog,itu bisa dijadikan alat promosi tambahan apalagi blog kamu sudah memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

Tips Cara Menjadi Youtuber Pemula


11. ( Don't stop to learning )
Jangan pernah berhenti belajar gan,semua hal yang mempengaruhi karimu di youtube harus kamu pelajari sedikit demi sedikit untuk investasi ke depan. Ada beberapa hal yang harus dan wajib kamu pelajari untuk menjadi youtuber sukses adalah :

  • Videography ( tehnik pengambilan video,lighting,dll )
  • Editing video ( editing sangat penting untuk memberikan kesan menarik dan profesional )
  • Desain grafis ( desain akan mendukung channelmu lebih menarik baik itu dalam membuat thumbnail,logo dan kebutuhan desain di video kamu )
  • SEO ( Search Engine Optimization ) untuk optimasi dan memaksimalkan video kamu di hasil pencarian.
  • dll
Selamat mencoba tips cara menjadi youtuber di atas dan jangan pernah berhenti belajar baik itu teori dan juga tehnik yang akan mendukung karir kamu di dunia youtube.Memang semua tak semulus apa yang kita harapkan dan di situlah kesempatakan kita untuk belajar menjadi lebih baik dan lebih hebat dari sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga sukses...